Dinamai Dengan Nama Qismullāh

Qismullāh artinya pemberian Allah, karena “qism” artinya pemberian. Kata “qism’ ini merupakan bentuk masdar dari kata qasama, yaqsimu, qisman....
1 menit baca
Dinamai Dengan Nama Qismullāh
Dinamai Dengan Nama Qismullāh

Pertanyaan

Saya seorang pemuda berkebangsaan Sudan. Nama saya adalah Qismullāh. Saya tidak tahu apakah nama saya dari kata qassama (fi`il madhi; membagi-bagi, memisah-misahkan), yuqassimu (fi`il mudhari`; sedang membagi-bagi), taqsīman (masdar; pembagian), fahuwa maqsuum (isim maf`ul; ia yang dibagi-bagi), atau dari kata qasama (fi`il madhi; membagi), yaqsimu (fi`il mudhari`; sedang membagi), qisman (masdar; bagian), ataukah kata jadian dari makna kata qismah atau nashīb (bagian).

Intinya saya tidak tahu. Akan tetapi anehnya, dan ini yang menyebabkan saya meminta fatwa dari Anda, rekan-rekan saya di kantor berkata kepada saya, “Namamu mengandung kesyirikan.” Karena itulah saya meminta fatwa kepada Anda tentang hal ini.

Jawaban

Qismullāh artinya pemberian Allah, karena “qism” artinya pemberian. Kata “qism’ ini merupakan bentuk masdar dari kata qasama, yaqsimu, qisman. Nama ini tidak mengandung kesyirikan dan tidak dilarang menurut syariat.

Wabillāhittaufīq, wa Shallallāhu `alā Nabiyyinā Muhammad wa Ālihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 6100 | Link

Lainnya

Kirim Pertanyaan