Doa Setelah Tasyahud Akhir

3 menit baca
Doa Setelah Tasyahud Akhir
Doa Setelah Tasyahud Akhir

Pertanyaan

Doa apakah yang biasa dibaca Nabi Shallallahu `Alaihi wa Sallam antara tasyahud akhir dan salam?

Jawaban

Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam biasa berlindung kepada Allah dari empat hal setelah taysahud (akhir), dan memerintahkan para sahabat beliau agar berlindung dari empat hal tersebut. Dari Ibnu Abbas radhiyallahu `anhuma; dari Nabi Shallallahu `Alaihi wa Sallam di mana beliau berdoa setelah tasyahud (akhir)

اللهم إني أعوذ بك من عذاب جهنم وأعوذ بك من عذاب القبر وأعوذ بك من فتنة الدجال وأعوذ بك من فتنة المحيا والممات

“Ya Allah! Aku berlindung kepada-Mu dari siksa Jahanam, siksa kubur, kejahatan al-Masih ad-Dajjal, dan dari fitnah kehidupan serta kematian”
(HR. Abu Dawud)

Dari Aisyah radhiyallahu `anha yang menginformasikan bahwa Nabi Shallallhu `Alaihi wa Sallam berdoa ketika shalat (setelah tasyahud akhir)

اللهم إني أعوذ بك من عذاب القبر وأعوذ بك من فتنة المسيح الدجال، وأعوذ بك من فتنة المحيا وفتنة الممات اللهم إني أعوذ بك من المغرم والمأثم

“Ya Allah! Aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, al-Masih ad-Dajjal, dan dari fitnah kehidupan serta fitnah kematian. Aku juga berlindung kepada-Mu dari hutang dan dosa.” (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, an-Nasa’i dan at-Tirmidzi)

Ada dalil dari Abu Hurairah radhiyallahu `anhu yang berkata bahwa Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam bersabda,

إذا فرغ أحدكم من التشهد الأخير فليتعوذ بالله من أربع: من عذاب جهنم ومن عذاب القبر ومن فتنة المحيا والممات ومن شر المسيح الدجال

“Apabila salah seorang dari kalian telah selesai membaca tasyahhud akhir, maka hendaknya ia berlindung kepada Allah dari empat hal, yaitu: dari siksa Jahanam, siksa kubur, fitnah kehidupan dan kematian, serta dari kejahatan al-Masih ad-Dajjal.” (HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud, dan an-Nasa’i)

Rasulullah Shallallahu` Alaihi wa Sallam juga pernah mengajarkan Abu Bakar ash-Shiddiq doa selain di atas. Abu bakar radhiyallahu `anhu meminta kepada Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam,

علمني دعاء أدعو به في صلاتي، قال: قل: اللهم إني ظلمت نفسي ظلمًا كثيرًا ولا يغفر الذنوب إلا أنت، فاغفر لي مغفرة من عندك وارحمني إنك أنت الغفور الرحيم

“Ajarilah aku sebuah doa yang bisa kupanjatkan dalam shalatku!” Nabi menjawab, “Katakanlah, ‘Ya Allah, Aku telah banyak menzalimi diri sendiri dan tidak ada yang mampu mengampuni dosa melainkan Engkau, maka berilah ampunan kepadaku dari sisi-Mu. Rahmatilah aku, sungguh Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim)

Nabi Muhammad Shallallahu `Alaihi wa Sallam juga bersabda,

لا تدعن دبر كل صلاة أن تقول: اللهم أعني على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

“Janganlah sekali-kali kamu meninggalkan setiap kali selesai shalat membaca: “Allaahumma a`innii `alaa dzikri-ka wa syukri-ka wa husni `ibaadati-ka (Ya Allah anugerahkanlah pertolongan kepadaku untuk mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu dan beribadah yang baik kepada-Mu”

Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam memberi kelonggaran kepada umat beliau dalam berdoa setelah tasyahud akhir, sebagaimana hadits dari Ibnu Mas`ud radhiyallahu `anhu yang berkata,

كنا إذا جلسنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم في الصلاة قلنا: السلام على الله من عباده، السلام على فلان وفلان، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لا تقولوا: السلام على الله، فإن الله هو السلام، ولكن إذا جلس أحدكم فليقل: التحيات لله والصلوات والطيبات، السلام عليك أيها النبي ورحمة الله وبركاته السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين، فإنكم إذا قلتم ذلك أصاب كل عبد صالح في السماء والأرض أو من السماء والأرض، أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدًا عبده ورسوله، ثم ليتخير أحدكم من الدعاء أعجبه إليه فيدعو به

“Kami apabila duduk (tasyahud) dalam shalat bersama Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam, kami biasa mengucapkan: “Assalaamu`ala-llah min `ibaadihi, Assalaamu`ala Fulaan wa Fulaan” (Salam sejahtera semoga dilimpahkan kepada Allah dari hamba-hamba-Nya, salam sejahtera semoga dilimpahkan kepada si Fulan dan si Fulan). Kemudian Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam menegor, ‘Janganlah kalian mengatakan “Assalaamu`ala-lla-h ” karena Allah sendiri adalah ”as-Salaam” akan tetapi ucapkan “at-tahiyyaatu li-llaah wa-sh-shalawaatu wa-th-thayyibaat, assalaamu`alaika ayyuha-n-nabiyyu wa rahmatu-llaahi wa barakaatuh, assalammu `alai-naa wa `alaa `ibaadi-llaahi-sh-shaalihiin (Segala penghormatan, segala salawat dan segala yang baik-baik adalah milik Allah. Salam sejahtera semoga dilimpahkan kepadamu, Nabi, dan rahmat Allah serta berkah-berkah-Nya. Salam sejahtera pula semoga dilimpahkan kepada kami dan semua hamba Allah yang saleh).’ Sungguh jika kalian mengucapkan itu, niscaya akan sampai kepada setiap hamba Allah yang saleh di langit dan bumi atau dari langit dan bumi. ‘Asyhadu allaa Ilaaha illa-llaah wa asyhadu anna Muhammadan `abduhu wa rasuuluh (Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad hamba-Nya dan utusan-Nya)’ Kemudian hendaknya salah seorang di antara kalian memilih doa yang dikehendakinya, lalu berdoa dengannya.”
(HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan yang lainnya dengan lafaz yang semakna)

Dengan demikian, Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam telah menjelaskan dengan sabda beliau dan mengajarkan kepada para sahabat bahwa pintu doa itu sangat luas. Akan tetapi, doa yang lebih utama bagi orang yang sedang shalat ialah doa yang diajarkan Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam dan para sahabat beliau radhiyallahu `anhum.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 1272

Lainnya

  • Nabi Muhammad Shallallahu `Alaihi wa Sallam membaca qunut saat terjadi bencana. Beliau mendoakan kehancuran orang-orang kafir yang sewenang-wenang dan...
  • Hukumnya tidak apa-apa. Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.
  • Yang disyariatkan bagi orang yang bepergian dalam jarak yang membolehkan untuk mengqashar shalat adalah cukup ia mengerjakan shalat fardu...
  • Memotret atau menggambar sesuatu yang memiliki roh seperti manusia atau hewan adalah haram, bahkan termasuk dosa besar, baik gambar...
  • Kami tidak mengetahui dalil yang menunjukkan larangan memberikan nasehat setelah shalat. Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa alasan untuk memberikan...
  • Jika seseorang yang hendak shalat jamaah mendapati saf telah penuh, hendaknya dia menunggu hingga orang lain datang menemani safnya...

Kirim Pertanyaan