Seseorang Meninggal Dunia Dan Mewasiatkan Sepertiga Harta, Dia Memiliki Pensiunan, Rumah, Dan Harta Lainnya

1 menit baca
Seseorang Meninggal Dunia Dan Mewasiatkan Sepertiga Harta, Dia Memiliki Pensiunan, Rumah, Dan Harta Lainnya
Seseorang Meninggal Dunia Dan Mewasiatkan Sepertiga Harta, Dia Memiliki Pensiunan, Rumah, Dan Harta Lainnya

Pertanyaan

Setelah mengkaji permintaan fatwa dan lampiran yang disertakan, maka kami menemukan beberapa hal:

1. Teks permintaan fatwa:

Saudara saya meninggal dunia dalam kecelakaan akibat bertabrakan dengan mobil lain pada tanggal 5/1/1391 H di Riyadh.

Dia meninggalkan dua orang putra dari istri yang telah diceraikan, dan dua orang putri yang masih kecil dari istrinya saat ini. Dia seorang pegawai negeri, kedua orangtuanya juga telah meninggal. Dia meninggalkan sejumlah uang dan rumah. Dia juga meninggalkan sebuah wasiat tertanggal 5/2/1388 H, dan dia menjadikan saya sebagai pelaksana atas wasiat tersebut.

Di dalam lampiran surat dan kertas yang sama terdapat tulisan tangannya pada tanggal 1/3/1389 H. Teks wasiat itu adalah: “Sepertiga harta dan rumahku adalah untuk diwakafkan dan hasil dari investasinya diberikan bagi yang membutuhkan dan orang-orang yang kesusahan.” Saudara saya yang berwasiat itu tidak pernah sekali pun dalam hidupnya terkena gangguan jiwa atau hilang akal, dan saya tidak pernah merasa bahwa dia berniat untuk menghalangi ahli warisnya mendapatkan hak mereka. Saya memohon arahan dalam beberapa hal berikut:

a. Apakah dia berhak mendapatkan gaji pensiunan?

b. Apakah sepertiga itu termasuk semua harta yang ditinggalkan ditambah dengan rumahnya? Atau, apakah sebaiknya rumah itu dijual agar seluruh asetnya cair, baru dikeluarkan sepertiganya? Perlu diketahui bahwa uang yang dia tinggalkan tidak sampai dua per tiga, dan rumah itu bernilai lebih dari sepertiga total hartanya.

c. Apakah dia berhak mendapatkan diat? Apakah saya boleh melepaskan diat tersebut meskipun dia berhak menerimanya?

2. Dokumen yang menjadi bukti bagi penanya bahwa wasiat itu benar-benar dari mendiang:

Sebuah sertifikat diterbitkan oleh pengadilan Riyadh dengan nomor 4/477 pada tanggal 20/6/1391 H, dicap dengan stempel Syekh Abdurrahman bin Huwaimil. Dokumen inilah yang membuktikan validitas wasiat tersebut.

Jawaban

Setelah mempelajari berkas-berkas yang diajukan, Komite menjawab sebagai berikut:

Jawaban: Wasiat itu nyata terbukti dengan adanya sertifikat yang disebutkan. Permintaan mendiang untuk mewasiatkan sepertiga dari total hartanya itu sah. “Sepertiga” yang dimaksud adalah sepertiga dari harta yang ditinggalkan, sepertiga dari perabot rumah, sepertiga dari harga rumah, dan sepertiga dari diat. Jika harga rumah sama dengan nilai sepertiga total harta, maka rumah itu boleh digunakan untuk melaksanakan wasiatnya.

Jika nilainya lebih tinggi dari sepertiga, maka pelaksana harus memperhatikan maslahat yang terbaik bagi mendiang dan ahli warisnya. Apabila nilai sepertiga dari total harta itu lebih tinggi dari harga rumah, maka kekurangannya diatur oleh pelaksana, dengan mempertimbangkan pemanfaatan terbaik atas wakaf tersebut.

Adapun gaji pensiun diberikan sesuai dengan maslahat yang menerimanya. Mengenai keinginan untuk melepaskan hak diat mendiang saudara Anda — yang dalam hal ini menyangkut wasiat sepertiganya — maka tidak diperbolehkan karena akan membawa mudarat baginya. Pelaksana tidak memiliki hak atas hal ini dan tindakan lain yang serupa.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 21

Lainnya

Kirim Pertanyaan