Shalat Memakai Baju Yang Dipakai Berhubungan Badan

1 menit baca
Shalat Memakai Baju Yang Dipakai Berhubungan Badan
Shalat Memakai Baju Yang Dipakai Berhubungan Badan

Pertanyaan

Dalam kitab Kasyf al-Ghummah disebutkan bahwa Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam shalat memakai baju yang dipakai untuk berhubungan badan, dan terkadang beliau mengerik mani yang terdapat di bajunya kemudian langsung shalat, dan terkadang beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mencucinya kemudian dengan mengenakan baju yang telah beliau cuci itu keluar untuk shalat.

Jawaban

Dari Mu`awiyah radhiyallahu `anhu ia berkata, “Saya bertanya kepada Ummu Habibah, apakah Nabi shallallahu `alaihi wa sallam pernah shalat memakai baju yang dipakai untuk berhubungan badan? Ummu Habibah menjawab, “Ya, selama tidak ada penyakit”. Diriwayatkan oleh al-Imam Ahmad, Abu Dawud, an-Nasa’i, dan Ibnu Majah.
Diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu `anha ia berkata,

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يغسل المني ثم يخرج إلى الصلاة في ذلك الثوب، وأنا أنظر إلى أثر الغَسل

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mencuci (bekas) air mani (yang ada di pakaian beliau). Kemudian beliau keluar untuk shalat dengan mengenakan pakaian tersebut dan aku melihat bekas cuciannya.”

Diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim. Juga diriwayatkan oleh Muslim,

لقد كنت أفركه من ثوب رسول الله صلى الله عليه وسلم فركًا فيصلي فيه

“Aku pernah mengerik bekas mani dari pakaian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau shalat dengan mengenakan pakaian tersebut.”

Dan di dalam riwayat lain menggunakan redaksi,

لقد كنت أحكه يابسًا بظفري من ثوبه

“Aku pernah mengeriknya dengan kuku jariku ketika bekas air mani tersebut telah mengering pada pakaian beliau.”

Hukum yang ditunjukkan hadis-hadis ini adalah benar bahwa air mani adalah suci, dan keberadaannya menempel di pakaian tidak mengubah status pakaian tersebut menjadi najis, tetapi disunahkan dicuci jika basah dan dikerik jika kering. Walhamdulillah.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa omor 21672

Lainnya

Kirim Pertanyaan