Menziarahi Kuburan Orang Kafir

2 menit baca
Menziarahi Kuburan Orang Kafir
Menziarahi Kuburan Orang Kafir

Pertanyaan

Apakah boleh menziarahi kuburan orang kafir? Allah membolehkan Nabi-Nya untuk menziarahi kuburan ibunya, setelah beliau mengetahui bahwa ibunya termasuk penghuni neraka Jahim.

Lalu bagaimana menyelaraskan hal itu dengan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Jika kalian melewati perkampungan orang-orang yang terkena azab Allah, maka lakukanlah rukuk”?

Jawaban

Menziarahi kuburan itu secara umum memang disyariatkan, namun menziarahi kuburan kaum Muslimin itu bertujuan untuk membacakan doa dan ampunan untuk mereka, serta untuk mengambil pelajaran, berdasarkan hadis riwayat Buraidah radhiyallahu `anhu bahwa,

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يعلمهم إذا خرجوا إلى المقابر أن يقولوا: السلام عليكم أهل الديار من المؤمنين والمسلمين، وإنا إن شاء الله بكم لاحقون، نسأل الله لنا ولكم العافية

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengajarkan kepada sahabat ketika berziarah kubur agar mereka mengucapkan: “Assalaamu’alaikum ahla ad-diyaar min al-mukminiin wa al-muslimiin, wa innaa insya Allaahu bikum laahikuun, nas`alullaaha lanaa wa lakum al-‘aafiyah” (Semoga kesejahteraan untukmu wahai penduduk kampung dari orang-orang mukmin dan muslim. Sesungguhnya kami insya Allah akan menyusul, kami mohon kepada Allah unutk kami dan kalian agar diberi keselamatan).”

Adapun menziarahi kuburan orang-orang kafir, hal itu dilakukan bertujuan untuk mengambil pelajaran. Oleh sebab itulah Allah mengizinkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, tatkala beliau meminta izin untuk menziarahi kuburan ibunya.

Namun, tatkala Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam meminta izin untuk memintakan ampunan untuk ibunya, Allah justru melarangnya. (Hadis riwayat Muslim dalam kitab Sahih-nya).

Adapun mengenai hadis yang disebutkan dalam pertanyaan, redaksi terkuatnya adalah redaksi yang ada dalam kitab Shahih al-Bukhari dan Muslim, yang diriwayatkan dari Ibnu Umar radhiyallahu `anhuma.

Hadis tersebut menyebutkan bahwa tatkala Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melewati perkampungan kaum Tsamud, beliau berkata,

لا تدخلوا على هؤلاء المعذبين إلا أن تكونوا باكين، فإن لم تكونوا باكين فلا تدخلوها عليهم لا يصيبكم مثل ما أصابهم

“Janganlah kalian memasuki tempat tinggal orang-orang yang telah diazab kecuali jika kalian menangis, namun jika kalian tidak menangis maka janganlah kalian memasukinya karena dikhawatirkan kalian terkena musibah sebagaimana mereka mendapatkannya.”

Jadi, larangan yang dimaksudkan itu bukanlah sekedar larangan memasuki perkampungan orang-orang yang terkena azab Allah, namun yang dimaksudkan itu adalah larangan memasuki perkampungan seperti itu dengan perasaan senang dan gembira.

Adapun orang yang memasukinya sambil mengambil pelajaran dan menangis, maka hal itu tidak dilarang.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 15509

Lainnya

Kirim Pertanyaan