Memakai Emas Di Gigi

1 menit baca
Memakai Emas Di Gigi
Memakai Emas Di Gigi

Pertanyaan

Saya mencabut dua gigi geraham di rahang bawah kanan saya dan dua di sebelah kiri. Saya mendengar sebagian orang mengatakan bahwa memasang gigi emas haram sedangkan sebagian lain mengatakan mubah. Selain itu, banyak yang mengatakan bahwa gigi palsu dari gading menimbulkan bau tidak sedap. Saya mohon penjelasan, apakah saya boleh memasang empat gigi palsu dari emas?

Jawaban

Apabila Anda hanya mendapatkan material gigi palsu dari emas, kecuali bahan yang dapat menimbulkan bau tidak sedap, maka Anda boleh memasang gigi geraham palsu dari emas jika memang kondisinya mendesak. Landasan hukumnya adalah,

أن عرفجة بن أسعد قطع أنفه يوم الكلاب، فاتخذ أنفًا من فضة، فأنتن عليه، فأمره النبي صلى الله عليه وسلم فاتخذ أنفًا من ذهب

“Sesungguhnya hidung Arfajah bin As’ad terpotong saat perang Kilab. Kemudian dia membuat hidung palsu dari perak. Namun, hidungnya justru menjadi busuk. Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pun memerintahkan kepadanya untuk membuat hidung dari emas dan dia melakukannya.”

Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan lain-lain dan hadis ini dianggap sahih oleh Hakim. Ada pula riwayat dari al-Atsram, dari Musa bin Thalhah, Abu Jamrah adh-Dhuba’i, Abu Rafi’, Tsabit al-Bunani, Ismail bin Zaid bin Tsabit, dan al-Mughirah bin Abdullah, bahwa mereka mengencangkan gigi mereka dengan emas.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 823

Lainnya

Kirim Pertanyaan