Kitab Biografi Syekh Sayyid Ubaid asy-Syarif

1 menit baca
Kitab Biografi Syekh Sayyid Ubaid asy-Syarif
Kitab Biografi Syekh Sayyid Ubaid asy-Syarif

Pertanyaan

Intinya: Apa hukum memiliki kitab Biografi Syekh Sayyid Ubaid asy-Syarif yang disusun oleh Al-Hadi Basyawat? Apakah isinya boleh dijadikan pedoman atau tidak?

Jawaban

Setelah menelaah kitab yang dimaksud, ternyata kitab tersebut memuat hal-hal yang sangat berbahaya, di antaranya:

1. Menyarankan pembangunan masjid di makam Ubaid asy-Syarif, menziarahi dan meminta keberkahan darinya.

2. Mengajak kepada perbuatan bidah dan akidah syirik seperti meminta keberkahan dari kuburan dan monumen makam, serta bertawasul kepada orang-orang saleh, baik semasa hidup mereka maupun setelah meninggal dunia.

3. Menganggap baik bidah-bidah yang berkaitan dengan ibadah. Misalnya, bidah yang berkaitan dengan zikir, membaca shalawat untuk Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, dan berziarah ke tempat-tempat yang pernah dikunjungi Syekh tersebut.

4. Berpedoman pada hadis-hadis batil yang semestinya tidak boleh disandarkan kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Berdasarkan poin-poin di atas, maka dilarang menyebarkan, mencetak, memiliki, dan mengiklankan kitab tersebut, karena berisi ajaran syirik kepada Allah, ajakan kepada perbuatan bidah, khurafat (takhayul), dan hal-hal yang berhubungan dengan setan.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 21547

Lainnya

Kirim Pertanyaan