Maksimal Masa Haid

1 menit baca
Maksimal Masa Haid
Maksimal Masa Haid

Pertanyaan

Saya seorang perempuan yang berusia 28 tahun. Saya merasa menderita karena masa haid yang cukup lama. Lamanya masa haid ini saya derita langsung setelah menikah. Lama masa haid sampai sepuluh hari kadang lebih.

Saya sudah pergi ke beberapa dokter namun mereka berkata: “Tidak ada penyembuhan atau solusi bagi anda dalam masalah ini, karena ini adalah alami dan itulah kemampuan saya”. Hal ini juga menyebabkan masalah pada puasa dan salat saya.

Masalah ini terjadi pada hari keenam saat haid, pada awal mulai haid darah hanya keluar sedikit lalu bertambah banyak sampai hari kesepuluh atau lebih hingga akhirnya darah berhenti keluar pada hari kesepuluh atau kedua belas.

Ketika datang bulan Ramadan saya hanya berpuasa selama delapan belas hari saja, sisanya adalah hari-hari masa haid. Pertanyaan: Saya ingin mengetahui berapa hari masa haid secara normal dan pada hari keberapa saya mulai suci, salat dan puasa?

Jawaban

Sepuluh hari yang Anda sebutkan itulah kebiasaan hari-hari haid Anda, karena lama atau tidaknya kebiasaan haid wanita itu berbeda. Terkadang masa haid bisa terjadi selama lima belas hari.

Maka hendaklah Anda bersabar selama hari tersebut karena itu adalah masa haid Anda, meskipun darah haid berkurang dalam beberapa hari atau bertambah pada hari-hari selanjutnya.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 19894

Lainnya

Kirim Pertanyaan