Buku-buku Yang Membahas Tentang Rahasia Jiwa Dan Terapi Nafsu

1 menit baca
Buku-buku Yang Membahas Tentang Rahasia Jiwa Dan Terapi Nafsu
Buku-buku Yang Membahas Tentang Rahasia Jiwa Dan Terapi Nafsu

Pertanyaan

Buku-buku apakah yang membahas tentang rahasia jiwa dan terapi nafsu yang lepas kendali? Siapa penulis paling kompeten yang menyusun buku dalam masalah ini?

Jawaban

Salah satu buku terbaik yang membahas masalah tersebut adalah buku karya Ibnul Jauzi rahimahullah. Dia adalah seorang pemberi nasihat yang mengeksplorasi rahasia jiwa terdalam. Dia telah menyusun sebuah buku berjudul “Talbisu Iblis” (Jerat Penyesatan Iblis). Dalam buku ini dia membahas berbagai cara setan masuk ke dalam jiwa manusia untuk mengobarkan nafsu dan membisikkan syubhat.

Dia rahimahullah sangat baik menyajikan masalah ini. Buku terbaik lainnya adalah “Ighātsatul Lahfan min Makāid asy-Syaithan” (Menyelamatkan Hati dari Tipu Daya Setan) karya Ibnu Qayyim rahimahullahu. Buku ini merupakan buku bermutu dalam topik yang dibahasnya. Syekh Abdullah bin Abdurrahman Ababthin telah meringkas buku ini dan menamainya “Mukhtashar Ighātsatul Lahfan” (Ringkasan Ighātsatul Lahfan) . Serta masih banyak buku-buku lainnya.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 14368

Lainnya

Kirim Pertanyaan