Apa Yang Mesti Dilakukan Terhadap Teman Yang Bermalas-malasan Untuk Melaksanakan Shalat?

2 menit baca
Apa Yang Mesti Dilakukan Terhadap Teman Yang Bermalas-malasan Untuk Melaksanakan Shalat?
Apa Yang Mesti Dilakukan Terhadap Teman Yang Bermalas-malasan Untuk Melaksanakan Shalat?

Pertanyaan

Saya memiliki sahabat karib. Saya ingin menasihatinya agar dia mau melakukan shalat, tetapi dia menolaknya dan berkata (dengan menyitir ayat),

إِنَّكَ لاَ تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ

“Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya.” (QS. Al-Qashash: 56)

Apa yang harus saya lakukan terhadapnya?

Jawaban

Anda berkewajiban untuk selalu menasihati teman Anda yang tidak shalat. Jika tidak mau menerima, maka jangan temani dia karena meninggalkan shalat hukumnya kafir. Allah Ta’ala telah berfirman,

لاَ تَجِدُ قَوْمًا يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ يُوَادُّونَ مَنْ حَادَّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ

“Kamu tidak akan mendapati sesuatu kaum yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, saling berkasih sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya.” (QS. Al-Mujadilah: 22)

Dan,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لاَ تَتَّخِذُوا عَدُوِّي وَعَدُوَّكُمْ أَوْلِيَاءَ

” Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menjadikan musuh-Ku dan musuhmu menjadi teman-teman setia.” (QS. Al-Mumtahanah: 1)

Komentarnya terhadap nasihat Anda dengan mengutip ayat,

إِنَّكَ لاَ تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ

“Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi.” (QS. Al-Qashash: 56)

Adalah penyimpulan yang batil. Sebab, hidayah al-irsyad (bimbingan) mesti dicari, dan makhluk mampu untuk mendapatkannya. Allah Ta’ala berfirman mengenai Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,

وَإِنَّكَ لَتَهْدِي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

“Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus.”

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

لأن يهدي الله بك رجلاً واحدًا خير لك من حمر النعم

“Seandainya Allah memberikan hidayah kepada seseorang melalui perantara kamu, maka itu jauh lebih baik bagimu dari pada unta merah (harta yang paling baik bagi orang Arab di masa itu).” Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Yang tidak tercakup dalam ayat kutipan teman Anda itu adalah hidayah at-taufiq (pemberian kekuatan) untuk menerima kebenaran, karena hidayah ini merupakan wewenang Allah Subhanahu wa Ta’ala, seperti dalam firman-Nya,

لَيْسَ عَلَيْكَ هُدَاهُمْ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ

“Bukanlah kewajibanmu menjadikan mereka mendapat petunjuk, akan tetapi Allah-lah yang memberi petunjuk (memberi taufiq) siapa yang dikehendaki-Nya.” (QS. Al-Baqarah: 272)

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 15398

Lainnya

Kirim Pertanyaan