Apakah Yang Dimaksud dengan Zuhud?

1 menit baca
Apakah Yang Dimaksud dengan Zuhud?
Apakah Yang Dimaksud dengan Zuhud?

Pertanyaan

Apakah yang dimaksud dengan zuhud? Apakah zuhud itu identik dengan memakai pakaian lusuh, berpuasa sepanjang tahun, mengasingkan diri dari masyarakat, atau melakukan amalan yang lain? Apabila yang dimaksud bukan demikian, apa dalilnya?

Jawaban

Zuhud bukanlah memakai pakaian lusuh, mengasingkan diri dari masyarakat, dan bukan pula berpuasa sepanjang tahun karena Nabi Shallallahu `Alaihi wa Sallam adalah tuan para pezuhud, namun beliau ternyata memakai pakaian baru dan berhias tatkala menemui para utusan, dalam pertemuan dan hari raya. Beliau juga berbaur dengan masyarakat, mengajak mereka kepada kebaikan dan mengajarkan masalah agama kepada mereka, serta beliau melarang para sahabatnya berpuasa sepanjang tahun.

Zuhud yang hakiki adalah menjaga diri dari perbuatan haram dan yang dibenci Allah Ta`ala, menghindari gejala bermewah-mewah dan boros dalam memakai perhiasan dunia, antusias melaksanakan amalan-amalan ketaatan, dan menyiapkan bekal untuk akhirat dengan sebaik-baik bekal. Sebaik-baik penafsiran tentang zuhud ini adalah sirah (perjalanan hidup) Nabi Muhammad Shallallahu `Alaihi wa Sallam.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 7519

Lainnya

Kirim Pertanyaan