Barangsiapa Membantu Orang Yang Menasabkan Kepada Selain Bapaknya Maka Ia Ikut Berdosa

3 menit baca
Barangsiapa Membantu Orang Yang Menasabkan Kepada Selain Bapaknya Maka Ia Ikut Berdosa
Barangsiapa Membantu Orang Yang Menasabkan Kepada Selain Bapaknya Maka Ia Ikut Berdosa

Pertanyaan

Saya memiliki saudara bukan sepupu saudara ayah saya tetapi dari kerabat saya. Dia meminta agar saya menasabkannya ke ayah saya yang lama meninggal semoga Allah mengampuninya dan kaum Muslimin saya mengharapkan penjelasan hukum menurut syariat tentang hal itu, dan dosa yang akan timbul bagi orang tua saya, apakah dosa tersebut mengikutinya jika saya setuju mengikutkan dia kepada kami? Dan bagi saya pribadi apakah terdapat dosa, dan bagaimana bagi yang meminta nasab?

Jawaban

Adopsi pernah menyebar pada zaman Jahiliyah, dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengadopsi Zaid bin Haritsah sebelum Islam datang, sehingga ia dipanggil dengan nama Zaid bin Muhammad sebagai pengganti dari Zaid bin Haritsah. Orang tersebut bernasab kepada selain ayahnya.

Setelah Islam datang kemudian mengingkari hal tersebut dan mengharamkannya, dan memerintahkan kepada setiap orang untuk bernasab pada bapaknya bukan kepada yang mengadopsinya, dan mengharamkan kepadanya untuk menasabkan diri kepada yang lainnya, dan mengharamkan kepada orang-orang untuk menasabkan diri kepada orang lain selain ayahnya, dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutuk orang yang menasabkan diri selain kepada ayahnya, dan mengancamnya dengan diharamkan baginya surga. Allah Ta’ala berfirman,

وَمَا جَعَلَ أَدْعِيَاءَكُمْ أَبْنَاءَكُمْ ذَلِكُمْ قَوْلُكُمْ بِأَفْوَاهِكُمْ وَاللَّهُ يَقُولُ الْحَقَّ وَهُوَ يَهْدِي السَّبِيلَ (4) ادْعُوهُمْ لآبَائِهِمْ هُوَ أَقْسَطُ عِنْدَ اللَّهِ فَإِنْ لَمْ تَعْلَمُوا آبَاءَهُمْ فَإِخْوَانُكُمْ فِي الدِّينِ وَمَوَالِيكُمْ وَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ فِيمَا أَخْطَأْتُمْ بِهِ وَلَكِنْ مَا تَعَمَّدَتْ قُلُوبُكُمْ

” Dan Dia tidak menjadikan anak-anak angkatmu sebagai anak kandungmu (sendiri). Yang demikian itu hanyalah perkataanmu di mulutmu saja. Dan Allah mengatakan yang sebenarnya dan Dia menunjukkan jalan (yang benar).(4) Panggillah mereka (anak-anak angkat itu) dengan (memakai) nama bapak-bapak mereka; itulah yang lebih adil pada sisi Allah, dan jika kamu tidak mengetahui bapak-bapak mereka, maka (panggillah mereka sebagai) saudara-saudaramu seagama dan maula-maulamu . Dan tidak ada dosa atasmu terhadap apa yang kamu khilaf padanya, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu.” (QS. Al-Ahzab: 4-5)

Dan Nabi Muhammad shallallahu `alaihi wa sallam bersabda,

من ادعى إلى غير أبيه أو انتمى إلى غير مواليه فعليه لعنة الله المتتابعة إلى يوم القيامة

” Barangsiapa mengaku mempunyai keturunan dengan selain ayahnya, atau mengaitkan diri kepada selain walinya (orang yang memerdekakannya), maka laknat Allah yang terus-menerus hingga hari kiamat ditimpakan kepadanya.” (Diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam kitab Sunannya)

Dan Nabi Muhammad shallallahu `alaihi wa sallam bersabda,

من ادعى إلى غير أبيه وهو يعلم فالجنة عليه حرام

“Siapa mengaku anak seseorang yang bukan ayahnya padahal dia mengetahuinya, maka surga haram baginya.” (Diriwayatkan oleh Imam Ahmad di dalam Musnadnya dan al-Bukhari dan Muslim)

Dari sini jelaslah bagi penanya bahwa jika seseorang dinasabkan kepada yang bukan ayahnya hanya dengan menuruti keinginannya saja maka ia sama-sama dengan orang yang menasabkan kepada selain ayahnya dalam terperangkap pada perbuatan dosa besar, dan keduamya termasuk kepada yang mendapat peringatan laknat Allah dan diharamkan dari surga karena membantu perbuatan jahat.

Adapun orang yang telah meninggal sementara ada orang yang menasabkan diri kepadanya, maka orang tersebut tidak ada apa-apa setelah kematiannya, dan tidak akan berdosa atas perlakuan orang yang saling tolong-menolong dalam dusta; karena ia bukan dari perbuatannya, dan (Allah) Ta’ala telah berfirman,

كُلُّ امْرِئٍ بِمَا كَسَبَ رَهِينٌ

“Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.” (QS. Ath-Thuur: 21)

Dan Dia berfirman,

لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ

“Ia mendapat pahala (dari kebaikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.” (QS. Al-Baqarah: 286)

Dan Dia berfirman,

وَلاَ تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَى

” Dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain.” (QS. Al-Israa’: 15)

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 6006

Lainnya

Kirim Pertanyaan