Shalat Istisqa Sebelum Shalat Id

1 menit baca
Shalat Istisqa Sebelum Shalat Id
Shalat Istisqa Sebelum Shalat Id

Pertanyaan

Di tempat kami masyarakat terbiasa melaksanakan shalat Istisqa setiap tahun sebelum shalat Id, baik Idul Fitri maupun Idul Adha. Imam mengumpulkan mereka pada waktu shalat Id lantas melaksanakan shalat Istisqa dua rakaat bersama mereka. Setelah selesai shalat Istisqa mereka baru melaksanakan shalat Id.

Ketika kami menentangnya, mereka mengatakan, “Kita memanfaatkan jumlah kaum Muslimin yang banyak”. Mereka melaksanakan shalat Istisqa tidak hanya ketika shalat Idul Fitri dan Idul Adha saja, tetapi mereka juga melaksanakannya setelah shalat Jumat ketika terjadi paceklik dan kekurangan hujan.

Adapun cara mereka melaksanakan shalat Istisqa adalah, setelah selesai melaksanakan shalat Jumat, imam memerintahkan mereka agar berniat shalat Istisqa, lantas dia shalat dua rakaat bersama mereka seperti shalat Id.

Namun, ketika kami katakan kepada mereka, bahwa khatib cukup membaca doa Istisqa di akhir khutbah dan kalian yang mengucapkan amin, seperti yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, mereka mengatakan, “Kami diperintahkan oleh kepala desa untuk melaksanakan shalat Istisqa pada hari Jumat, dan inilah waktu yang sangat tepat untuk melakukannya, karena kaum Muslimin sedang berkumpul dalam jumlah yang sangat banyak”.

Wahai Syaikh, kami berharap Anda memberi fatwa supaya kami bisa menyakinkan mereka bahwa shalat Istisqa dengan cara tersebut tidak sesuai dengan syariat Islam, jika hal itu memang tidak sesuai dengan syariat Islam.

Namun jika sesuai dengan syariat Islam dan sesuai dengan tuntunan yang benar, maka kami patut bersyukur kepada Allah.

Jawaban

Khatib cukup membaca doa Istisqa di akhir khutbah Jumat dan tidak perlu melaksanakan shalat istisqa setelah shalat Jumat, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah membaca doa istisqa ketika sedang khutbah Jumat dan beliau tidak melaksanakan shalat Istisqa setelahnya, namun beliau cukup melaksanakan shalat Jumat.

Demikian halnya pada saat shalat Id, khatib cukup membaca doa Istisqa ketika sedang berkhutbah dan tidak disunahkan shalat Istisqa sebelum atau sesudah shalat Id karena hal itu bertentangan dengan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 17575

Lainnya

Kirim Pertanyaan