Membalikkan Telapak Tangan Ketika Mengucapkan Salam Di Akhir Shalat

1 menit baca
Membalikkan Telapak Tangan Ketika Mengucapkan Salam Di Akhir Shalat
Membalikkan Telapak Tangan Ketika Mengucapkan Salam Di Akhir Shalat

Pertanyaan

Apa hukum membalikkan telapak tangan saat mengucapkan salam di akhir shalat (ketika telah selesai dari shalatnya membalikkan telapak tangannya dan berkata “assalamu `alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, assalamu `alaikum wa rahmatullah”.

Jawaban

Ucapan yang sesuai dengan as-Sunnah adalah “assalamu ‘alaikum wa rahmatullah,” sambil menengok ke arah kanan, dan “assalamu ‘alaikum wa rahmatullah,” sambil menengok kearah kiri dan tidak memberi isyarat dengan tangannya sebagaimana dijelaskan dalam Sahih Muslim, dari Jabir bin Samrah, ia berkata,

صليت مع رسول الله صلى الله عليه وسلم فكنا إذا سلمنا قلنا بأيدينا: السلام عليكم السلام عليكم، فنظر إلينا رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال: ما شأنكم تشيرون بأيديكم كأنها أذناب خيل شمس؟ إذا سلم أحدكم فليلتفت إلى صاحبه ولا يومئ بيده

“Aku pernah shalat bersama Nabi shallallahu `alaihi wa sallam. Waktu itu ketika kami mengucapkan salam, kami ucapkan dengan menunjukkan tangan, “assalaamu ‘alai-kum wa rahmatu-llaah. Kemudian beliau menengok kepada kami dan bersabda, “Apa hubungannya kalian menunjukkan dengan tangan-tangan kalian seperti ekor-ekor kuda matahari? Apabila salah satu di antara kalian mengucapkan salam, maka hendaklah menengok ke arah temannya dan tidak memberi isyarat dengan tangannya.”

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 15441

Lainnya

Kirim Pertanyaan