Puasa Khusus Pada Hari Sabtu Dan Jumat

1 menit baca
Puasa Khusus Pada Hari Sabtu Dan Jumat
Puasa Khusus Pada Hari Sabtu Dan Jumat

Pertanyaan

Saya seorang pemuda yang suka melaksanakan puasa Daud ‘Alaihi Sallam. Namun, ada yang mengatakan kepada saya, “Apabila puasa Anda bertepatan dengan hari Sabtu atau Jumat, jangan Anda khususkan kedua hari itu untuk berpuasa.”

Menurut mereka, ini perkataan Syekh al Albani hafizhahullah. Meskipun bimbang, saya tetap melaksanakan puasa. Saya mohon diberi jawaban tentang hukum mengkhususkan puasa pada hari Sabtu atau Jumat apabila bertepatan dengan puasa Daud, puasa hari Arafah atau puasa Asyura`?

Jawaban

Barangsiapa mengerjakan puasa Daud `Alaihi Salam, maka ia boleh berpuasa pada hari Jumat atau Sabtu jika puasanya bertepatan dengan hari-hari tersebut. Ia juga tidak apa-apa (boleh) berpuasa pada hari Jumat atau Sabtu apabila bertepatan dengan hari Arafah atau hari `Asyura. Perlu diketahui bahwa hadis yang khusus melarang puasa pada hari Sabtu kecuali puasa wajib adalah tidak sahih.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 17600 | Link

Lainnya

Kirim Pertanyaan