Sedekah kepada Kerabat

Pertama: Teks hadits dalam pertanyaan di atas yang diriwayatkan oleh Ahmad, Tirmidzi, an-Nasa’i, dan Hakim adalah الصدقة على المسكين...
1 menit baca
Sedekah kepada Kerabat
Sedekah kepada Kerabat

Pertanyaan

Dari Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam, beliau bersabda,

الصدقة على المساكين صدقة وعلى ذي الرحم ثنتان

“Sedekah kepada orang-orang miskin mendapat satu pahala, sedangkan sedekah kepada kerabat mendapatkan dua pahala.”

Apakah kerabat yang dimaksud dalam hadis ini adalah semua kerabat dari pihak perempuan, atau termasuk kerabat laki-laki? Jika boleh bersedekah kepada mereka, lantas apakah juga diperbolehkan jika mereka memiliki kelapangan harta atau dalam taraf hidup yang sama dengan pemberi sedekah?

Jika kondisi keuangan dan kehidupan para kerabat tersebut lebih baik dari kita, apakah menyambung silaturahim dengan mereka cukup dengan berkunjung?

Jawaban

Pertama: Teks hadits dalam pertanyaan di atas yang diriwayatkan oleh Ahmad, Tirmidzi, an-Nasa’i, dan Hakim adalah

الصدقة على المسكين صدقة، وهي على ذي الرحم اثنتان؛ صدقة وصلة

“Sedekah kepada orang miskin mendapat satu pahala, sedangkan sedekah kepada kerabat mendapatkan dua pahala, yaitu pahala sedekah dan silaturahim.” Dari Salman bin `Amir adh-Dhabbi.

Kedua: Maksud dari kerabat dalam hadits di atas adalah para kerabat yang fakir, baik laki-laki maupun perempuan. Menyambung silaturahim dengan kerabat yang kaya adalah dengan memberikan hadiah, berkunjung, menampakkan wajah ramah, dan memberikan nasihat kepada mereka semua.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 9817 | Link

Lainnya

Kirim Pertanyaan