Nasihat Untuk Perantau Yang Jauh Dari Negara Kaum Muslimin

1 menit baca
Nasihat Untuk Perantau Yang Jauh Dari Negara Kaum Muslimin
Nasihat Untuk Perantau Yang Jauh Dari Negara Kaum Muslimin

Pertanyaan

Para remaja yang hidup di negeri orang amat membutuhkan nasihat Anda, wahai Syekh yang terhormat. Untuk itu, berilah kami pencerahan. Semoga Allah membalas Anda. Karena sesungguhnya Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala orang yang melakukan amal kebaikan.

Jawaban

Kewajiban pemuda yang sedang merantau di negeri orang untuk menimba ilmu adalah bertakwa kepada Allah ‘Azza wa Jalla dalam segala hal. Yaitu dengan melaksanakan semua perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, sehingga Allah memberi kemudahan dalam menuntut ilmu dan semua urusan, serta melindunginya dari setiap keburukan. Selain itu, dia tidak boleh lalai dalam melaksanakan salat fardu tepat waktu, dan berupaya untuk melakukannya secara berjamaah di masjid.

Dia harus berusaha untuk selalu berteman dengan orang-orang yang saleh, taat pada ajaran agama, dan bertakwa kepada Allah. Para remaja yang hidup di negeri orang harus senantiasa menjauh dan tidak mendatangi tempat-tempat maksiat, agar agamanya dapat terjaga dengan baik. Selain itu, dia hendaknya juga melakukan dakwah untuk mengikuti ajaran Allah, baik dengan perkataan maupun perbuatan.

Karena memang sudah sepatutnya seorang muslim menjadi teladan bagi orang lain. Kami juga berpesan kepada Anda agar banyak membaca Alquran, sambil mencermati maknanya dan mengamalkan kandungannya. Semoga Allah memberikan pertolongan dan memudahkan semua urusan Anda.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 16293

Lainnya

Kirim Pertanyaan