Menjaga Sumpah Dan Mengendalikan Diri

1 menit baca
Menjaga Sumpah Dan Mengendalikan Diri
Menjaga Sumpah Dan Mengendalikan Diri

Pertanyaan

Suatu hari ketika saya berada di sebuah acara, saya bersumpah tiga kali dengan menyebut nama Allah saat mengatakan bahwa sebagian orang lebih menyukai uang ketimbang ucapan tauhid “Tiada Tuhan selain Allah”. Maksud saya waktu itu adalah sebagian umat manusia di alam semesta ini. Apakah dalam sumpah ini saya dianggap menepati atau melanggar? Jika saya dianggap telah melanggar sumpah, maka apa kafaratnya?

Jawaban

Jika maksud Anda seperti yang dijelaskan dalam pertanyaan, yaitu bahwa “sebagian orang” adalah sebagian umat manusia di alam semesta ini, maka Anda belum melanggar sumpah. Sebab, mayoritas umat manusia memang musyrik, enggan mengucapkan “La ilaaha illallah”. Bahkan ada juga sebagian dari mereka yang ateis, mengingkari keberadaan Allah. Meskipun demikian, tidak baik Anda berbicara seperti itu dan tidak pantas bersumpah tanpa ada penyebab yang menuntut. Oleh sebab itu, Anda wajib menjaga sumpah dan lidah.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 363

Lainnya

Kirim Pertanyaan