Membaca Shalawat Ath-Thibbiyyah

1 menit baca
Membaca Shalawat Ath-Thibbiyyah
Membaca Shalawat Ath-Thibbiyyah

Pertanyaan

Saya pernah mendengar doa dan saya ingin mengetahui hukum membacanya. Doa ini mereka namakan salawat Ath-Thibbiyyah, yang redaksinya berbunyi, “Allahumma shalli `ala Muhammadin thibbil qulubi wa syifa`iha wa `afiyatil abdan (Ya Allah, limpahkanlah salawat kepada Muhammad, obat hati dan kesembuhannya, serta kesehatan badan) …” hingga akhir doa.

Dibaca dengan meletakkan tangan pada bagian tubuh yang sakit, dan dengan urutan tertentu. Mereka meyakini bahwa salawat ini dapat menyembuhkan sakit. Bagaimana hukum Islam mengenai hal itu? Saya pernah menjenguk orang sakit di Indonesia.

Saya terangkan kepadanya tentang ruqyah syar`iyyah dari Alquran dan sunah, tapi dia malah mengatakan kepada saya bahwa dirinya melakukan amalan yang lebih baik, yaitu dengan meletakkan tangan kanannya pada bagian yang sakit sambil membaca salawat nabi dengan urutan tertentu, dan akan sembuh dengan izin Allah. Saya bertanya kepada Anda yang terhotmat, apakah amalan tersebut benar?

Perlu diketahui, mereka meyakini bahwa shalawat ini dapat menyembuhkan penyakit mereka dan banyak orang yang melakukan amalan ini di sana. Bagaimana arahan Anda? Semoga Allah memberi taufik kepada Anda, dan semoga Allah membalas Anda dengan sebaik-baiknya.

Jawaban

Ruqyah syar`iyyah adalah dengan membaca Alquran, doa-doa yang diajarkan Nabi, dan doa-doa lain yang mubah. Adapun membatasi hanya dengan salawat atas Nabi Shallallahu `Alaihi wa Sallam dan membacanya dengan urutan tertentu, maka kami tidak mengetahui dalil tentang hal itu, karena itu yang wajib dilakukan adalah meninggalkan hal tersebut.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 21172

Lainnya

Kirim Pertanyaan