Keutamaan Surah al-Mulk

1 menit baca
Keutamaan Surah al-Mulk
Keutamaan Surah al-Mulk

Pertanyaan

1. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

إن سورة في القرآن ثلاثون آية شفعت لصاحبها حتى غُفر له تبارك الذي بيده الملك

“Sesungguhnya ada satu surah dalam Al-Qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberikan syafaat kepada orang yang membacanya hingga dia diampuni, yaitu surah Tabaraka-l-ladzi bi-yadihi-l-mulku (al-Mulk).”

2.

هي المانعة المنجية من عذاب القبر

“Dia adalah penghalang dan penyelamat yang menyelamatkan dari siksa kubur.”

Jawaban

1. Hadits pertama dikeluarkan oleh al-Imam Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi dengan menyatakannya sebagai hadis hasan, Nasa`i, dan Ibnu Majah. Hadits itu dipandang sebagai hadits sahih oleh Ibnu Hibban dan Hakim di dalam Kitab al-Mustadrak dan selain mereka.

2. Hadits kedua dikeluarkan oleh Tirmidzi dari Ibnu Abbas dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sesuai dengan redaksi hadits. Tirmidzi berkata, “Ini adalah hadits hasan gharib.” Hadits itu juga diriwayatkan oleh Baihaqi di dalam kitab asy Syu’ab dan dia berkata, “Hadits ini hanya diriwayatkan oleh Yahya bin ‘Amr dan dia tidak kuat hafalannya. Hadis ini mempunyai hadis-hadis lain yang mendukungnya.” Wallahu A’lam.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa al-Lajnah ad-Daimah

Lainnya

Kirim Pertanyaan