Hak Dan Kewajiban Seorang Istri Terhadap Suaminya

1 menit baca
Hak Dan Kewajiban Seorang Istri Terhadap Suaminya
Hak Dan Kewajiban Seorang Istri Terhadap Suaminya

Pertanyaan

Apa perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam yang mesti saya miliki dalam berinteraksi dengan suami dan dalam mengurus rumah tangga? Apa yang halal dan apa yang haram dalam hak-kewajiban suami-istri? Masalah semakin kompleks dan membingungkan karena banyak orang menghalalkan beberapa hal dan mengharamkan beberapa lainnya tanpa dasar ilmu pengetahuan. Sebenarnya, saudara-saudara saya cukup paham agama dan konsisten menjalankan ajarannya, namun saya malu untuk bertanya kepada mereka terkait dengan masalah ini.

Jawaban

Anda diperintahkan untuk menghadapi dan memperlakukan suami dengan baik, serta melayani layaknya seorang istri kepada suami. Allah Ta’ala berfirman,

وَلَهُنَّ مِثْلُ الَّذِي عَلَيْهِنَّ بِالْمَعْرُوفِ وَلِلرِّجَالِ عَلَيْهِنَّ دَرَجَةٌ

“Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang makruf. Akan tetapi para suami mempunyai satu tingkatan kelebihan daripada isterinya.” (QS. Al-Baqarah: 228)

Anda harus saling bekerjasama dengannya dalam kebaikan dan ketakwaan semaksimal mungkin. Jika memungkinkan, sebaiknya Anda membaca biografi para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dari kalangan wanita tentang bagaimana mereka melayani suami. Ini sangat baik dan akan memberi manfaat kepada Anda, insya Allah.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 6574

Lainnya

Kirim Pertanyaan