Terlambat Datang setelah Adzan

1 menit baca
Terlambat Datang setelah Adzan
Terlambat Datang setelah Adzan

Pertanyaan

Bagaimana kesahihan hadits yang menyatakan bahwa Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam bersabda: "Orang yang datang setelah azan adalah orang yang buruk."?

Jawaban

Al-Quran menganjurkan untuk bersegera berbuat kebaikan dan menjelaskan pula untuk berlomba-lomba mendapat pengampunan Allah dan rahmat-Nya. Salah satu bentuk segera berbuat kebaikan adalah mendirikan shalat lima waktu di awal waktunya dengan berjamaah di masjid.

Barangsiapa yang melakukan hal itu, maka baginya pahala yang besar. Akan tetapi, tidak berarti bahwa orang yang datang ke masjid setelah adzan adalah orang yang buruk, bahkan bisa jadi ia termasuk sebaik-baik kaum muslimin.

Orang yang buruk itu adalah yang menunda waktu shalat atau meremehkan dalam menunaikannya untuk berjamaah, berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar radhiyallahu `anhuma, ia berkata: Nabi Muhammad Shalallahu `Alaihi wa Sallam bersabda:

ثلاثة لا يقبل الله منهم صلاة: الرجل يؤم قومًا وهم له كارهون، والرجل لا يأتي الصلاة إلا دبارًا، ورجل اعتبد محررًا

“Ada tiga jenis orang yang tidak diterima shalatnya: Orang yang menjadi imam tapi para makmum tidak menyukainya, orang yang senantiasa menunaikan shalat saat waktunya habis, dan orang yang memperbudak seseorang yang telah merdeka.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

Adapun mengenai hadits yang ditanyakan, kami tidak mengetahui asal-usulnya.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor (7811)

Lainnya

Kirim Pertanyaan