Bersesuci Untuk Sujud Tilawah

1 menit baca
Bersesuci Untuk Sujud Tilawah
Bersesuci Untuk Sujud Tilawah

Pertanyaan

Mengenai sujud tilawah, kami melihat sebagian orang tidak mensyaratkan untuk bersesuci dalam melakukan sujud tilawah, dan tidak pula menghadap ke kiblat. Akan tetapi sebagian mereka mensyaratkannya. Manakah pendapat yang benar?

Jawaban

Di antara para ulama ada yang berpendapat bahwa sujud tilawah itu adalah shalat. Berdasarkan hal itu, maka disyaratkan bersesuci, menghadap kiblat, takbir saat turun dan bangkit dari sujud, dan salam. Di antara mereka juga ada yang berpendapat bahwa sujud tilawah adalah ibadah, namun tidak seperti shalat.

Berdasarkan hal itu, maka tidak disyaratkan bersesuci, mengahadap kiblat, dan lainnya sebagaimana yang telah disebutkan. Ini adalah pendapat yang paling kuat, karena kami tidak mengetahui ada dalil yang menunjukkan disyaratkannya bersesuci dan menghadap kiblat.

Akan tetapi jika memungkinkan untuk menghadap kiblat saat sujud dan dalam keadaan suci, maka itu lebih utama, demi keluar dari perbedaan para ulama.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 1500 | Link

Lainnya

Kirim Pertanyaan