Shalat Setelah Tawaf

1 menit baca
Shalat Setelah Tawaf
Shalat Setelah Tawaf

Pertanyaan

Apakah setelah selesai tawaf wada` atau tawaf sunah seseorang dianjurkan melakukan shalat dua rakaat? Dan apakah termasuk ajaran as-Sunnah bertakbir di penghabisan putaran ketujuh ketika dia sejajar dengan Hajar Aswad? Begitu juga dengan sa`i apakah dia dianjurkan berdoa setelah penghabisan putaran ketujuh?

Jawaban

Benar, setelah tawaf wada` atau tawaf sunah seseorang dianjurkan melakukan shalat dua rakaat dengan membaca surat al-Kafirun pada rakaat pertama dan membaca surat al-Ikhlas pada rakaat kedua. Hal itu berdasarkan perkataan Malik bin Anas radhiyallahu `anhu,

بلغني أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان إذا قضى طوافه ركع الركعتين، وإذا أراد أن يخرج إلى الصفا والمروة استلم الركن الأسود قبل أن يخرج

“Telah sampai kepadaku bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah selesai melakukan tawaf, beliau melakukan shalat dua rakaat. Dan jika beliau ingin pergi menuju Shafa dan Marwah, maka beliau menyentuh Hajar Aswad terlebih dahulu.”

Sedangkan berdoa setelah penghabisan putaran ketujuh ketika sa`i tidak ada riwayat dari Nabi shallallahu `alaihi wa sallam yang menjelaskan bahwa beliau berdiri sambil berdoa.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 21169

Lainnya

Kirim Pertanyaan