Miqat Ihram Untuk Jamaah Haji Dan Umrah Nigeria

1 menit baca
Miqat Ihram Untuk Jamaah Haji Dan Umrah Nigeria
Miqat Ihram Untuk Jamaah Haji Dan Umrah Nigeria

Pertanyaan

Di manakah miqat ihram untuk jamaah haji dan umrah Nigeria?

Jawaban

Barangsiapa ingin menunaikan haji atau umrah, dia harus berihram dari salah satu miqat yang dia lewati atau yang sejajar dengan lima miqat yang telah ditentukan oleh Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam, baik darat, laut atau udara. Kelima miqat tersebut adalah Dzulhulaifah untuk penduduk Madinah dan orang yang lewat jalan mereka, Juhfah untuk penduduk Syam, Mesir dan Maroko dan orang yang lewat jalan mereka.

Yalamlam untuk penduduk Yaman dan orang yang lewat jalan mereka, Qarnulmanazil untuk penduduk Najd dan orang yang lewat jalan mereka, dan Dzat `Irq untuk penduduk Irak dan orang yang lewat jalan mereka. Hal itu berdasarkan sabda Nabi Muhammad Shallallahu `Alaihi wa Sallam ketika menetapkan miqat-miqat ini,

هن لهن ولمن أتى عليهن من غير أهلهن ممن يريد الحج أو العمرة

“Miqat-miqat tersebut adalah miqat bagi penduduknya dan bagi yang bukan penduduknya namun melewatinya karena ingin melaksanakan haji atau umrah.”

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 16970

Lainnya

Kirim Pertanyaan