Sering Bersumpah Tanpa Ada Keperluan

1 menit baca
Sering Bersumpah Tanpa Ada Keperluan
Sering Bersumpah Tanpa Ada Keperluan

Pertanyaan

Seseorang sering bersumpah dengan menyebut nama Allah dalam pembicaraannya tanpa ada faktor yang mengharuskannya. Dia beralasan bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dulu sering mengucapkan “Demi Allah yang menggenggam jiwa Muhammad”, sementara itu tidak ada orang yang memintanya untuk bersumpah. Bahkan menurutnya, Allah bersumpah dalam Alquran dengan menyebut banyak makhluk dan Dzat-Nya sendiri tanpa ada yang meminta. Apakah dia benar dalam masalah ini?

Jawaban

Makruh untuk bersumpah dalam urusan duniawi tanpa ada penyebab yang mengharuskannya. Ini berdasarkan makna umum dari firman Allah Ta’ala,

وَاحْفَظُوا أَيْمَانَكُمْ

“Dan jagalah sumpahmu.” (QS. Al-Maaidah: 89)

Selain itu, tindakan seperti ini akan mengarah kepada penghinaan nama Allah Ta’ala. Adapun bersumpah dalam urusan duniawi dengan tujuan memberikan penegasan kepada pendengar, menghilangkan keraguan, dan mendorongnya untuk percaya, itu sama sekali tidak salah dan bahkan dianjurkan. Inilah yang dulu dilakukan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 21025

Lainnya

Kirim Pertanyaan