“Thasah as-Samm” (Gelas Penawar Racun)

1 menit baca
“Thasah as-Samm” (Gelas Penawar Racun)
“Thasah as-Samm” (Gelas Penawar Racun)

Pertanyaan

Kami, penduduk Wadi Qadid, minta penjelasan kepada Anda mengenai apa yang disebut sebagai “Thasah as-Samm” (Gelas Penawar Racun) yang, menurut keyakinan sebagian orang, mengandung Asma Allah Yang Maha Agung dan dengan izin Allah mampu menyembuhkan seseorang dari keracunan, dengan cara minum air yang ada di gelas tersebut atau memasukkan gelas tersebut ke dalam wadah yang berisi air. Gelas tersebut telah dikirimkan kepada Anda oleh masing-masing (S, Z, W, H, Y) . Sebagian orang yang telah meminum air di dalam gelas tersebut tertipu, dengan mengatakan: “Berdasarkan pengalaman, gelas ini mampu menyembuhkan penyakit kami.” Sekian, Wassalamu`alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

Jawaban

Setelah meneliti tulisan yang ada di dalam gelas yang disebutkan dalam surat, Komite mengeluarkan fatwa (menetapkan) bahwa gelas tersebut tidak boleh digunakan karena beberapa sebab. Di antaranya (dan ini adalah alasan yang paling utama) adalah, penggunaan gelas tersebut bisa menyebabkan kemusyrikan, baik karena gelas itu sendiri, Ahli Bait yang disebut (ditulis) di dalamnya maupun hewan-hewan dan bintang-bintang yang digambar di dalamnya. Alasan lainnya adalah, merendahkan (menyepelekan) Asma-asma Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 15213

Lainnya

Kirim Pertanyaan