Perjumpaan Orang Tua Dan Anak Di Surga

1 menit baca
Perjumpaan Orang Tua Dan Anak Di Surga
Perjumpaan Orang Tua Dan Anak Di Surga

Pertanyaan

Apakah kita akan berjumpa kembali dengan anak-anak kita di akhirat kelak, sedangkan semua kita mengharapkan yang demikian terjadi? Kami mengharap penjelasan dari Anda terkait masalah ini, dan bimbinglah kami kepada hal yang menurut Anda adalah baik? Semoga Allah membalas Anda dengan sebaik-baik balasan.

Jawaban

Allah ‘Azza Wa Jalla memberitaukan bahwasanya dengan keutamaan, karunia dan kemulian-Nya keturunan orang-orang beriman akan berjumpa dengan para orang tua mereka di suatu tempat (di surga) walaupun mereka (sang anak) tidak menyamai mereka (sang orang tua) dalam amal. Allah Jalla Sya’nuhu berfirman,

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَاتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُمْ بِإِيمَانٍ أَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَا أَلَتْنَاهُمْ مِنْ عَمَلِهِمْ مِنْ شَيْءٍ كُلُّ امْرِئٍ بِمَا كَسَبَ رَهِينٌ

“Dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.” (QS. At-Thur: 21)

Ibnu Katsir rahimahullah menyebutkan riwayat dari Ibnu Abbas radhiyallahu `anhuma, dia berkata, “Sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat keturunan orang beriman setara dengan derajat para orang tuanya, walaupun mereka tidak sampai menyamai amalan para orang tua mereka, yang demikan agar mereka senang” kemudian ia menyebutkan ayat tersebut.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 12506

Lainnya

Kirim Pertanyaan