Menunaikan Rukun-rukun Islam dan Berdoa kepada Selain Allah

1 menit baca
Menunaikan Rukun-rukun Islam dan Berdoa kepada Selain Allah
Menunaikan Rukun-rukun Islam dan Berdoa kepada Selain Allah

Pertanyaan

Apakah meminta pertolongan kepada para nabi, para wali, dan orang-orang saleh saat mereka masih hidup dan setelah meninggal dunia untuk menangkal bala, mendatangkan kebaikan, dan bertawasul dengan mereka agar dipenuhi kebutuhan dan keperluan itu dibolehkan atau tidak?

Jawaban

Meminta pertolongan kepada para nabi dan lainnya yang sudah meninggal dunia tidak diperbolehkan. Bahkan, itu termasuk perbuatan syirik yang besar.

Adapun meminta pertolongan kepada orang yang masih hidup sesuai kemampuan mereka, maka itu dibolehkan, berdasarkan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala tentang kisah Musa,

فَاسْتَغَاثَهُ الَّذِي مِنْ شِيعَتِهِ عَلَى الَّذِي مِنْ عَدُوِّهِ

“Maka orang yang dari golongannya meminta pertolongan kepadanya, untuk mengalahkan orang yang dari musuhnya.” (QS. Al-Qashash : 15)

Akan tetapi, tidak diperbolehkan bertawasul kepada orang yang hidup atau para nabi dan lainnya yang sudah meninggal dunia, dengan entitas, kemuliaan, atau hak mereka. Bahkan, itu termasuk perbuatan bid’ah dan mengantarkan kepada syirik.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor:5553 | Link

Lainnya

Kirim Pertanyaan