Meminta Bantuan dan Pertolongan kepada Jin atau Malaikat

Meminta bantuan dan pertolongan kepada jin atau malaikat untuk menolak keburukan, mendatangkan kebaikan, atau untuk melindungi diri dari kejahatan...
1 menit baca
Meminta Bantuan dan Pertolongan kepada Jin atau Malaikat
Meminta Bantuan dan Pertolongan kepada Jin atau Malaikat

Pertanyaan

Apakah seorang Muslim boleh menulis nama-nama makhluk gaib (jin atau malaikat), Asmaul Husna, atau yang lainnya, sebagai pelindung atau jimat yang dikenal di kalangan ahli spiritual dengan tujuan untuk menjaga badan dari keburukan jin, setan, dan sihir?

Jawaban

Meminta bantuan dan pertolongan kepada jin atau malaikat untuk menolak keburukan, mendatangkan kebaikan, atau untuk melindungi diri dari kejahatan jin adalah kesyirikan terbesar yang membuat seseorang keluar dari Islam–semoga Allah melindungi kita dari hal ini–baik dengan cara memanggil atau menulis nama mereka dan menggantungkannya sebagai jimat, atau dengan membasuh (tulisannya) dengan air lalu meminum air tersebut, atau dengan cara-cara lainnya.

Ini berlaku apabila dia meyakini bahwa jimat atau air cucian tersebut dapat mendatangkan kebaikan atau menolak keburukan.

Adapun menulis nama-nama Allah Ta`ala dan menggantungkannya sebagai jimat, maka sebagian ulama salaf membolehkannya. Namun ada sebagian lainnya yang memakruhkan, karena dalil tentang larangan menggunakan dan menggantungkan jimat bersifat umum.

Selain itu, untuk mengindari penggunaan jimat-jimat lainnya yang bersifat syirik. Di samping itu, menggantungkan Asmaul Husna juga dapat membuatnya terkena kotoran, yang berarti penghinaan terhadapnya. Inilah pendapat yang benar.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Lajnah Daimah | Link

Lainnya

Kirim Pertanyaan