Makna Naungan Arsy

1 menit baca
Makna Naungan Arsy
Makna Naungan Arsy

Pertanyaan

Apa yang dimaksud dengan naungan yang disebutkan dalam hadis Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,

سبعة يظلهم الله في ظله يوم لا ظل إلا ظله

“Ada tujuh golongan yang akan Allah naungi di bawah naungan-Nya pada hari dimana tidak ada naungan selain naungan-Nya.” Dan seterusnya.

Jawaban

Yang dimaksud dengan naungan di dalam hadits adalah naungan arsy Allah yang maha penyayang tabaraka wa ta’ala, sebagaimana dalam penjelasan hadis Salman radhiyallahu `anhu dalam kitab (Sunan Said bin Manshur) disebutkan,

سبعة يظلهم الله في ظله يوم لا ظل إلا ظله

“Ada tujuh golongan yang Allah akan menaungi mereka dalam naungan Arsy-Nya.” Dan seterusnya.

Sanadnya dianggap hasan oleh Al-Hafizd Ibnu Hajar rahimahu Allah ta’ala di kitab (Fathul Bari 144/2). Al-Hafidz Ibnu Rajab Rahimahullahu Ta’ala (semoga Allah Ta’ala merahmatinya) berkata di akhir penjelasan hadis ini dari kitab Shahih Bukhari 6 /51) yang teksnya berbunyi: Imam Ahmad telah meriwayatkan dan Tirmidzi memandangnya sebagai hadis shahih dari hadis Abu Hurairah Radhiyallahu `Anhu dari Nabi Shallallahu `Alaihi wa Sallam bersabda,

من نفس عن غريمه أو محا عنه كان في ظل العرش يوم القيامة

“Barangsiapa memberi keringanan pada orang yang berutang padanya atau bahkan membebaskan utangnya, maka dia akan mendapatkan naungan `Arsy di hari kiamat.”

Ini menunjukkan bahwa yang dimaksud naungan Allah adalah naungan Arsy-Nya. Ibnu al Qayyim rahimahu Allah ta’ala telah mengisyaratkan makna ini dalam kitab (Al-Wabil shaib) dan diakhir kitab (Raudhatul muhibbin).

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 19939

Lainnya

Kirim Pertanyaan