Ingin Mengubah Nama

1 menit baca
Ingin Mengubah Nama
Ingin Mengubah Nama

Pertanyaan

Nama asli yang diberi oleh ayah saya adalah Bajid. Lalu terjadi kesalahan pada penulisan, yaitu ditulis Badi alih-alih Bajid. Dan nama saya hingga sekarang tetap Badi dan al-Badi artinya yang mengadakan segala sesuatu adalah Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sekarang saya ingin mengubah nama saya, dan keluarga saya pun juga ingin mengembalikan kepada nama saya yang pertama yaitu Bajid, namun saya ingin mengubah nama saya menjadi Abdul Khalik, sedangkan sebagian keluarga saya yang lain ingin agar nama saya tetap dengan nama saya yang sekarang ini.

Saya mengharapkan agar Anda berkenan memberi penjelasan kepada kami tentang nama-nama yang saya sebutkan di atas. Siapakah yang harus saya ikuti? Dan bagaimanakah pandangan Anda dengan nama saya yang sekarang? Kami mengharapkan maaf dan ampunan dari Allah. Semoga Allah memberi Anda balasan yang terbaik.

Jawaban

Tidak apa-apa mengubah nama menjadi nama yang lebih baik. Akan tetapi, apabila sebagian keluarga menolak dan nama yang hendak diubah itu tidak terlarang menurut syariat, maka sebaiknya tidak usah mengubahnya demi menghindari terjadinya perselisihan.

Nama Badi tidak termasuk nama yang dimakruhkan oleh syariat, jadi tidak perlu diubah. Adapun perkataan Anda bahwa alBadi yang bermakna yang mengadakan segala sesuatu adalah Allah, jika Anda anggap bahwa nama itu adalah salah satu dari nama-nama Allah, maka perkataan ini adalah salah, karena al-Badi tidaklah termasuk di antara nama-nama Allah.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 15647

Lainnya

Kirim Pertanyaan