Dua Selebaran Yang Beredar Di Tengah Masyarakat

1 menit baca
Dua Selebaran Yang Beredar Di Tengah Masyarakat
Dua Selebaran Yang Beredar Di Tengah Masyarakat

Pertanyaan

Kami lampirkan kepada Anda dua selebaran, salah satunya berjudul “Asmaullah al-Husna (Nama-nama Allah yang Terbaik)”, dan yang lain berjudul,

بَلِ اللَّهَ فَاعْبُدْ وَكُنْ مِنَ الشَّاكِرِينَ

“Karena itu, maka hendaklah Allah saja kamu sembah dan hendaklah kamu termasuk orang-orang yang bersyukur” (QS. Az-Zumar: 66)

Kedua selebaran ini telah beredar luas di tengah masyarakat. Mohon sudi kiranya memberi penjelasan kepada kami terkait kedua selebaran ini.

Berikut redaksi kedua selebaran: Pertama,

بَلِ اللَّهَ فَاعْبُدْ وَكُنْ مِنَ الشَّاكِرِينَ

” Karena itu, maka hendaklah Allah saja kamu sembah dan hendaklah kamu termasuk orang-orang yang bersyukur” (QS. Az-Zumar: 66)

فَالَّذِينَ آمَنُوا بِهِ وَعَزَّرُوهُ وَنَصَرُوهُ وَاتَّبَعُوا النُّورَ الَّذِي أُنْـزِلَ مَعَهُ أُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Maka orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al-Qur’an), mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. Al-A’raf: 157)

لَهُمُ الْبُشْرَى فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الآخِرَةِ لاَ تَبْدِيلَ لِكَلِمَاتِ اللَّهِ ذَلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

“Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan) di akhirat. Tidak ada perubahan bagi kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. Yang demikian itu adalah kemenangan yang besar.” (QS. Yunus: 64)

يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الآخِرَةِ

“Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat.” (QS. Ibrahim: 27)

Kirimkanlah ayat-ayat Alquran ini agar Anda mendapat kebaikan dan nasib baik. Dengan mendistribusikan ke penjuru dunia 9 kali, Anda akan mendapatkan kebaikan dan keberuntungan setelah 4 hari sejak selebaran ini sampai di tangan Anda -dengan izin Allah- dst.

Kedua, Asmaullah al-Husna: Dialah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang Maha Pemurah, Yang Maha Penyayang, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Maha Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, dst.

Selanjutnya, selebaran ini merupakan seri penuh berkah yang mendatangkan kebaikan bagi penulisnya. Silakan edarkan kepada kaum mukmin. Saudara harus menulis 30 salinan tanpa mencantumkan nama dan tanda tangan, dan mengirimkannya kepada 30 kolega, teman dan saudara seiman Anda, dst.

Jawaban

Apa yang tertera berupa perolehan manfaat dan kebaikan bagi penulis dua selebaran ini atau salah satunya, dan keterhindaran dari keburukan, merupakan sesuatu yang tidak benar.

Bahkan hal ini merupakan kebohongan, tindakan menyebarluaskan khurafat di tengah masyarakat, memalingkan manusia dari beribadah kepada Allah Azza wa Jalla, ikhlas dalam menjalankan ajaran agama dan mencari perlindungan serta berdoa kepada-Nya untuk mendapatkan manfaat dan dihindarkan dari keburukan.

Karena itu tidak boleh menyalin dan mengirimkannya kepada orang lain, bahkan wajib memusnahkannya. Jikalau ada keinginan yang terwujud (dengan melakukan hal itu), maka hal itu tidak bisa dijadikan dalil pembenaran, karena hal demikian sebenarnya hanya ujian dan tipuan belaka (istidraj)

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 16756

Lainnya

Kirim Pertanyaan