Banyaknya Kelompok

1 menit baca
Banyaknya Kelompok
Banyaknya Kelompok

Pertanyaan

Bagaimana hukum banyaknya kelompok yang terdapat di masyarakat? Apabila saya merasa cocok dengan pemikiran Jamaah Islamiyah yang merupakan salah satu aliran pemikiran islam, apakah saya harus tetap berada dalam pemikiran tersebut walaupun orang tua saya menentang saya dalam hal itu? Kedua orang tua saya bahkan bersumpah tidak akan merestui saya selamanya apabila saya tetap berada dalam pemikiran tersebut. Bagaimanakah solusinya?

Jawaban

Anda harus berjalan di atas jalan Ahlussunah wal Jamaah yang ditunjukkan oleh Nabi shallallahu `alaihi wa sallam, ketika banyak kelompok bermunculan. karena Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda,

وستفترق هذه الأمة على ثلاث وسبعين فرقة كلها في النار إلا واحدة. قالوا: وما هي يا رسول الله؟ قال: من كان على مثل ما أنا عليه اليوم وأصحابي

“Umat ini (Islam) akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga golongan, semuanya di neraka kecuali satu. Para sahabat bertanya: “Siapakah mereka wahai Rasulullah?.” Beliau menjawab: “Orang-orang yang berada di atas jalanku dan jalan para sahabatku.”

Jadi, Anda harus komitmen dengan kelompok yang berjalan di atas jalan (Ahlussunah wal Jamaah) tersebut.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 16063

Lainnya

Kirim Pertanyaan