Baiat Islam

1 menit baca
Baiat Islam
Baiat Islam

Pertanyaan

Di tempat kami, Pantai Gading, orang-orang menciptakan agama baru yang hampir saja mengobarkan fitnah di tengah-tengah masyarakat. Mereka menyesatkan orang-orang dengan pernyataan yang tidak berarti, yaitu: “Islam seseorang tidak akan sah kecuali dia bersumpah dan berjanji untuk menjauhi enam perkara yang mereka sebutkan.”

Sekte ini telah tersebar di seluruh penjuru Pantai Gading. Orang yang bertentangan dengan mereka tidak mereka anggap sebagai seorang muslim. Mereka mengklaim bahwa dalil mereka terdapat dalam Al-Qur’an, yaitu firman Allah Ta’ala,

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ إِذَا جَاءَكَ الْمُؤْمِنَاتُ يُبَايِعْنَكَ عَلَى أَنْ لاَ يُشْرِكْنَ بِاللَّهِ شَيْئًا وَلاَ يَسْرِقْنَ

“Hai Nabi, apabila perempuan-perempuan yang beriman datang kepadamu untuk mengadakan janji setia, bahwa mereka tidak akan mempersekutukan sesuatu pun dengan Allah, tidak akan mencuri” (QS. Al-Mumtahanah: 12) dan seterusnya.

Jawaban

Baiat tidak boleh dilakukan kecuali kepada pemimpin kaum muslimin untuk senantiasa patuh dan tunduk kepadanya, sebagaimana dilakukan para sahabat saat membaiat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan seperti yang dilakukan kaum muslimin saat membaiat Khulafaurrasyidin. Baiat kepada selain pemimpin adalah bidah dan batil. Hal itu berdasarkan sabda Nabi Shallallahu `Alaihi wa Sallam,

من عمل عملاً ليس عليه أمرنا فهو رد

“Barangsiapa melakukan suatu perbuatan yang tidak berdasarkan urusan (agama) kami, maka perbuatan tersebut tertolak.”

Dalam riwayat lain disebutkan,

من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد

“Barangsiapa mengada-adakan dalam urusan (agama) kami ini yang bukan berasal dari urusan agama kami, maka perkara itu tertolak.” Muttafaq ‘Alaih.

Barangsiapa telah menyatakan masuk Islam, maka Islamnya telah sah selama dia konsisten dalam menjalankan hukum-hukum Islam meskipun dia tidak melakukan baiat yang Anda ceritakan karena Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam waktu itu mengajarkan Islam kepada orang-orang dan menerima Islam mereka tanpa mensyaratkan mereka berbaiat. Dari dalil-dalil lain juga diketahui bahwa seorang muslim harus patuh dan taat kepada pemimpin meskipun dia tidak pernah melakukan baiat.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 18673

Lainnya

Kirim Pertanyaan