Zakat Mahar Wanita

1 menit baca
Zakat Mahar Wanita
Zakat Mahar Wanita

Pertanyaan

Ada dua orang bersaudara yang meminang dua saudara perempuan saya dua tahun lalu. Mereka telah memberikan setengah mahar kepada kami sebesar empat puluh ribu riyal. Pertanyaan saya: Apabila mahar ini telah mencapai haul (satu tahun), apakah kami wajib mengeluarkan zakatnya atau tidak?

Apakah kami harus mengeluarkan zakatnya dari uang mahar tersebut atau dari uang lain? Perlu diketahui bahwa kami telah mengeluarkan zakatnya dari uang mahar tersebut tahun lalu. Berilah kami penjelasan. Semoga Allah membalas Anda dengan yang lebih baik.

Jawaban

Mahar wajib dikelurkan zakatnya apabila telah berada dalam kepemilikan istri dan telah mencapai haul terhitung sejak akad nikah. Zakatnya adalah 1/40 atau 2,5 % dari mahar tersebut. Adapun jika mahar diberikan setelah tunangan dan belum dilaksanakan akad nikah di antara keduanya, maka yang wajib mengeluarkan zakatnya adalah calon suami karena mahar tersebut miliknya, bukan milik calon istrinya.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 18223

Lainnya

Kirim Pertanyaan