Zakat Buah Kurma

1 menit baca
Zakat Buah Kurma
Zakat Buah Kurma

Pertanyaan

Seseorang mempunyai kebun kurma yang beraneka ragam jenisnya, seperti kurma jenis Barani, Rabi’ah, ‘Aimaz dan jenis yang lainnya. Dan jenis yang paling unggul dan bagus adalah kurma Barani. Si pemilik kebun tersebut mengatakan:

“Setiap tahun saya mengeluarkan zakat kurma dari kurma-kurma yang terbaik selain kurma jenis Barani. Adapun kurma jenis Barani itu samasekali tidak saya ambil”.

Kemudian beberapa orang pelajar memberitahu bahwa saya wajib mengeluarkan zakat kurma dari jenis Barani dan yang lainnya. Oleh sebab itu, harap tunjukkan apa yang wajib saya lakukan, semoga Allah membalas Anda dengan balasan terbaik.

Jawaban

Yang wajib anda lakukan adalah mengeluarkan zakat buah kurma yang anda punya, jika hasil panennya mencapai ukuran minimal nishab (ukuran wajib zakat) ataupun lebih. Caranya, zakat tersebut anda ambil dari jenis kurma yang kualitasnya menengah, tapi jika anda ambil dari semua jenis kurma maka itu dinilai lebih baik.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 16912

Lainnya

Kirim Pertanyaan