Ukuran Zakat Sapi

1 menit baca
Ukuran Zakat Sapi
Ukuran Zakat Sapi

Pertanyaan

Seseorang yang memiliki sapi berjumlah dua ratus empat puluh sembilan ekor, apa zakatnya? Yang kami pahami sesuai pengetahuan kami bahwa zakatnya adalah enam musinnah (sapi yang berumur dua tahun masuk tahun ketiga), atau delapan tabi` (sapi berumur satu tahun masuk tahun kedua).

Apakah itu benar? Semoga Allah memberi Anda pahala. Kami berdoa kepada Allah agar memberikan kami dan Anda taufik dalam setiap hal yang diridhai-Nya. Amin. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu. Semoga sepanjang tahun Anda selalu dalam kebaikan.

Jawaban

Pada sapi yang digembalakan pada sebagian besar masa haul maksudnya sapi tersebut digembalakan sepanjang masa haul seluruhnya atau sebagian besarnya zakat yang wajib dikeluarkan adalah tabi` atau tabi`ah (sapi jantan/betina yang berumur satu tahun masuk tahun kedua) jika jumlah sapi mencapai tigapuluh ekor.

Apabila jumlahnya mencapai empatpuluh ekor maka zakatnya adalah musinnah (sapi yang berumur dua tahun masuk tahuk ketiga). Jadi, pada sapi yang jumlahnya disebutkan dalam soal, zakatnya adalah enam musinnah atau delapan tabi`ah (betina) atau delapan tabi` (jantan), berdasarkan pada (hadits) dalam Musnad al-Imam Ahmad dan kitab Sunan yang empat bahwa Mu`adz Radhiyallahu `Anhu, ia berkata,

بعثني رسول الله صلى الله عليه وسلم أُصدق أهل اليمن، فأمرني أن آخذ من البقر من كل ثلاثين تبيعًا، ومن كل أربعين مسنة

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengutusku ke Yaman, dan memerintahkanku untuk mengambil satu ekor tabi’ (anak sapi yang genap berumur setahun dan masuk ke tahun kedua) dari setiap tiga puluh ekor sapi, dan mengambil satu ekor musinnah (anak sapi yang berumur genap dua tahun dan masuk tahun ketiga) dari setiap empat puluh ekor sapi.”

Dan di dalamnya disebutkan,

وأمرني ألا آخذ فيما بين ذلك شيئًا

“Dan beliau menyuruhku untuk tidak mengambil zakat yang jumlahnya antara itu.”

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 15139

Lainnya

Kirim Pertanyaan