Pintu-pintu Infak Yang Paling Utama

1 menit baca
Pintu-pintu Infak Yang Paling Utama
Pintu-pintu Infak Yang Paling Utama

Pertanyaan

Banyak para pecinta kebaikan berbeda pendapat: apakah pintu infak materi yang paling afdal, paling utama dan paling agung pahalanya. Apakah bersedekah kepada para fakir miskin? Ataukah memberi makanan buka bagi orang-orang yang berpuasa?

Ataukah ikut berpartisipasi dalam hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan syiar-syiar agama, dakwah kepada Allah, menjelaskan yang benar dan memperingatkan dari yang salah, seperti dengan mencetak buku-buku agama dan menyebarkannya, memberi jaminan materi bagi para dai, dan sarana dakwah lainnya?

Mohon berikanlah kami fatwa, semoga Allah memberikan balasan pada Anda, agar faedahnya dapat tersebar luas. Penunjuk kepada kebaikan adalah seperti pelakunya. Semoga Allah menjaga Anda.

Jawaban

alan kebaikan adalah banyak, alhamdulillah. Yang disyariatkan bagi seorang Muslim adalah melaksanakan salah satu jalan kebaikan itu sesuai kemampuannya dengan mengharap pahala dari Allah dan membantu saudara-saudaranya yang Muslim.

Namun demikian, sebagian bentuk infak memang lebih baik dari sebagian yang lain ketika terdapat kebutuhan untuk itu atau sedikitnya jumlah pemberi infak, atau alasan-alasan pengutamaan lainnya. Jika seorang Muslim dapat memberikan partisipasi dalam setiap pintu-pintu kebaikan tersebut maka itu adalah baik.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 20964

Lainnya

Kirim Pertanyaan