Shalat Jamaah Kedua Di Masjid Setelah Jamaah Pertama Selesai

2 menit baca
Shalat Jamaah Kedua Di Masjid Setelah Jamaah Pertama Selesai
Shalat Jamaah Kedua Di Masjid Setelah Jamaah Pertama Selesai

Pertanyaan

Saya tiba di Kerajaan Hasyimiyah Yordania pada tahun ini untuk yang pertama kali dalam hidup saya. Saya sangat beruntung karena diperkenankan oleh Allah bekerja di lingkungan kaum salaf yang saleh.

Tetapi di Yordania, khususnya di lingkungan tersebut, saya menemukan beberapa hal dalam shalat yang belum pernah saya temukan sebelumnya di Mesir.

Di antaranya adalah sebuah perkara penting yang membuat saya bingung dan terdorong untuk bertanya kepada Anda, yaitu perkataan Syaikh Nashiruddin al-Albani – semoga Allah menjaganya dan umat Islam mengambil manfaat darinya- bahwa tidak boleh mendirikan shalat berjamaah kedua setelah berjamaah pertama yang dilakukan di masjid.

Padahal kami biasa mendirikan shalat berjamaah kedua dan ketiga di seluruh masjid di Mesir, namun tidak ada seorang pun yang mengingkari hal tersebut, bahkan di masjid jami sekalipun.

Saya berharap Anda menunjukkan pendapat yang benar, apakah mendirikan salat berjamaah kedua dibolehkan atau tidak?

Jawaban

Shalat berjamaah yang didirikan kedua kali memiliki tiga kondisi:

Pertama,
Mendirikan jamaah kedua sebelum jamaah pertama selesai, ini tidak boleh dilakukan karena bertentangan dengan As-Sunnah. Yang wajib dilakukan adalah menunaikan shalat bersama jamaah pertama.

Kedua,
Ada seseorang tiba di masjid pada saat jamaah pertama sudah selesai, lantas salah seorang dari mereka (makmum jamaah pertama-ed.) shalat bersama dia untuk mendirikan jamaah kedua. Dalam hal ini terdapat hadis Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu,

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم أبصر رجلاً يصلي وحده فقال: ألا رجل يتصدق على هذا فيصلي معه

“Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat seorang lelaki sedang shalat sendirian seraya bersabda, “Adakah seorang yang dapat bersedekah kepada orang ini dengan shalat bersamanya?” (Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan at-Tirmidzi dengan makna yang serupa).

At-Tirmidzi berkomentar, “hadis hasan”. Namun, ada tambahan redaksi “Kemudian seorang lelaki lain berdiri lalu shalat bersamanya”.

Ketiga,
Seseorang yang sengaja tidak mengikuti shalat berjamaah bersama imam, karena menunggu makmum yang tertinggal untuk menjadi imam shalat berjamaah bersama mereka. Menunda shalat dengan tujuan tersebut termasuk amalan yang diada-adakan, tidak pernah dilakukan pada masa Nabi atau masa sahabat. Ini merupakan bid`ah yang tidak boleh dilakukan atau dibiarkan begitu saja.

Juga termasuk kerugian yang sangat besar bagi orang yang menunda shalat berjamaah pada waktunya di masjid. Seharusnya, dia menunaikan shalat bersama jamaah pertama di masjid. Namun, jika seseorang tidak mendapati jamaah pertama, hendaklah dia shalat dengan salah seorang dari makmum jamaah pertama, seperti pada kondisi yang kedua. Wallahu A`lam.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 17170

Lainnya

Kirim Pertanyaan