Shalat Ghadah (Shalat Subuh)

1 menit baca
Shalat Ghadah (Shalat Subuh)
Shalat Ghadah (Shalat Subuh)

Pertanyaan

Apakah yang dimaksud dengan shalat Ghadah itu? Kapan waktunya dan bagaimana cara pelaksanaannya? Apa hikmah dari shalat Ghadah?

Jawaban

Salat Ghadah adalah shalat subuh atau shalat fajar salah satu salat lima waktu yang diwajibkan Allah kepada setiap ’uslim setiap harinya. Shalat Ghadah (Subuh) dikerjakan setelah datang waktunya, yang dimulai dari munculnya fajar shadiq dan berakhir dengan terbitnya matahari.

Salat Ghadah sunah dikerjakan saat keadaan masih gelap, dan keluar darinya setelah keadaan agak terang. Yaitu dengan memperpanjang shalat, tapi hendaknya tidak sampai memberatkan makmum. Shalat Ghadah dikerjakan sebanyak dua rakaat dengan bacaan jahr (dikeraskan).

Adapun hikmah dari shalat Ghadah adalah, bahwa ia termasuk salah satu ibadah yang diwajibkan Allah kepada hamba-hamba-Nya, sebagai bukti ketaatan seorang hamba kepada-Nya, seperti halnya ibadah-ibadah fardu yang lain.

Oleh karena itu, barangsiapa mengerjakan shalat Ghadah dan shalat-shalat fardu yang lain sesuai dengan perintah syariat maka dia termasuk orang yang beruntung, dan barangsiapa meninggalkannya maka dia termasuk orang yang merugi.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 18052 | Link

Lainnya

Kirim Pertanyaan