Shalat Di Masjid Quba

1 menit baca
Shalat Di Masjid Quba
Shalat Di Masjid Quba

Pertanyaan

Apakah shalat di masjid Quba` lebih banyak pahalanya atau lebih tinggi derajatnya dari semua masjid biasa kecuali al-Haramain (Masjid Haram dan Masjid Nabawi)? Kalau memang lebih tinggi derajatnya, apa dalilnya? Dan benarkah bahwa masjid tersebut adalah masjid yang pertama kali dibangun dalam Islam? Apakah ayat yang berisi firman Allah Ta`ala berikut (adalah dalilnya?),

لَمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَى مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَنْ تَقُومَ فِيهِ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَنْ يَتَطَهَّرُوا وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ

“Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (masjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu bersembahyang di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih.” (QS. At-Taubah: 108) hingga akhir ayat.

Jawaban

Mengunjungi masjid Quba’ sunah tapi tidak perlu dengan sengaja melakukan perjalanan jauh, seperti bagi orang yang berada di di Madinah. Nabi shallallahu `alaihi wa sallam selalu mendatangi masjid Quba’ setiap hari Sabtu baik dengan berjalan kaki maupun naik kendaraan. Dan Ibnu Umar radhiyallahu `anhuma juga melakukannya. Muttafaqun `Alaih.

Dalam (Sunan) at-Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Usaid bin Hudhair al-Anshari radhiyallahu `anhu bahwa Nabi shallallahu `alaihi wa sallam bersabda,

الصلاة في مسجد قباء كعمرة

“Pahala shalat di masjid Quba seperti pahala melaksanakan umrah.”

Dan dalam an-Nasa’i dan Musnad dari Sahl bin Hunaif bahwa Nabi shallallahu `alaihi wa sallam bersabda,

من تطهر في بيته ثم أتى مسجد قباء فصلى فيه صلاة كان له كأجر عمرة

“Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu mendatangi masjid Quba’ lalu shalat di dalamnya, maka pahalanya sama dengan pahala umrah.”

Dan dipandang sahih oleh al-Hakim juga disepakati oleh adz-Dzahabi. Ayat tersebut menunjukkan bahwa masjid Quba’ adalah masjid pertama yang dibangun di atas dasar takwa.

Disebutkan dalam hadis sahih bahwa Masjid Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang di Madinah adalah masjid yang dibangun atas dasar takwa. Tidak ada pertentangan antara ayat di atas dengan hadis tersebut karena kalau masjid Quba’ telah dibangun atas dasar takwa sejak hari pertama, maka masjid Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam lebih utama.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 17525

Lainnya

Kirim Pertanyaan