Shalat Awwabin (Orang-orang Yang Bertaubat)

1 menit baca
Shalat Awwabin (Orang-orang Yang Bertaubat)
Shalat Awwabin (Orang-orang Yang Bertaubat)

Pertanyaan

Apakah ada yang namanya “Shalat al-Awwabin (shalat orang-orang yang bertaubat)” yaitu shalat dua rakaat setelah shalat sunah Magrib.

Pada rakaat pertama dan kedua orang yang mengerjakan shalat ini membaca surah Al-Fatihah kemudian membaca surah Az-Zalzalah sebanyak 15 kali.

Orang yang mengerjakan salat ini akan dimasukkan ke dalam golongan “Al-Awwabin” (orang-orang yang bertaubat kepada Allah)? Semoga Allah memperpanjang umur Anda.

Jawaban

Shalat Al-Awwabin adalah shalat Duha saat matahari sedang panas-panasnya. Ada hadis sahih bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

صلاة الأوابين حين ترمض الفصال

“Shalat Awwabin (orang-orang yang bertobat) dilakukan pada saat terik matahari.”

Ar-Ramdha’ adalah pasir yang menjadi panas karena terik matahari sehingga anak-anak unta tidak mampu lagi menahan panasnya. Mengenai shalat setelah shalat sunah Magrib dengan membaca surah Al-Fatihah dan surah Az-Zalzalah sebanyak 15 kali, kami sama sekali tidak mengetahui dalilnya.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 14497

Lainnya

Kirim Pertanyaan