Selalu Membaca Surah al-Insyirah Dalam Shalat Fajar

1 menit baca
Selalu Membaca Surah al-Insyirah Dalam Shalat Fajar
Selalu Membaca Surah al-Insyirah Dalam Shalat Fajar

Pertanyaan

Dalam shalat fajar saya selalu membaca surah al-Insyirah pada rakaat pertama karena keyakinan dan perasaan saya bahwa ketika saya membaca surah ini, saya merasa sedang memulai hari baru. Perlu diketahui bahwa saya hafal banyak surah Al-Qur’an.

Apa hukum mengkhususkan rakaat pertama shalat fajar dengan satu surah, yaitu surah al-Insyirah? Apa hukum perasaan dan keyakinan saya bahwa ada hari baru yang dimulai ketika saya membaca surah ini dan saya tidak merasakan perasaan tersebut ketika membaca surah lain?

Jawaban

Dalam shalat fajar disyariatkan memanjangkan bacaan dan membaca Al-Qur’an yang mudah setelah al-Fatihah dengan tidak mengkhususkan surah tertentu, kecuali jika ada dalil yang mengkhususkannya, seperti surah as-Sajadah dan surah ad-Dahr Hal ata ‘alal insan dalam shalat fajar pada hari Jumat karena pengkhususan tanpa dalil adalah bidah.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 17381

Lainnya

Kirim Pertanyaan