Menyempurnakan Saf (Barisan) Dalam Shalat

1 menit baca
Menyempurnakan Saf (Barisan) Dalam Shalat
Menyempurnakan Saf (Barisan) Dalam Shalat

Pertanyaan

Kami, kantor imigrasi cabang Baljurasyi, terletak di samping salah satu masjid. Masjid ini terdiri dari dua lantai dan di kantor kami, yang terletak di lantai dua, ada pintu menuju masjid lantai dua.

Ketika mengerjakan shalat, kami mengerjakannya bersama imam masjid, tetapi kami berada di masjid lantai dua. Perlu dicatat bahwa lantai pertama cukup luas sehingga yang shalat bersama imam hanya satu atau dua saf sementara kami yang ada di lantai dua juga terdiri dari satu atau dua saf. Kami bisa melihat imam dan orang-orang yang shalat di belakangnya dari koridor masjid.

Pertanyaan kami adalah: apakah dalam kondisi seperti itu shalat kami sah atau kami harus turun ke lantai satu bersama imam dan menyempurnakan saf yang ada di belakangnya? Mohon beri kami penjelasan. Semoga Allah membalas Anda dengan yang lebih baik.

Jawaban

Yang harus kalian lakukan adalah: turun ke lantai satu untuk menyempurnakan barisan demi melaksanakan perintah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk menyempurnakan saf. Hal itu berdasarkan hadis sahih bahwasanya Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

أتموا الصفوف فإني أراكم من وراء ظهري

“Sempurnakanlah saf-saf kalian. Sesungguhnya aku dapat melihat kalian yang berada di belakangku.”

Ada juga hadis Anas Radhiyallahu `Anhu bahwa dia pernah bercerita: “Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam bersabda:

سووا صفوفكم فإن تسوية الصفوف من إقامة الصلاة

“Luruskan saf-saf kalian karena lurusnya saf termasuk kesempurnaan shalat.”

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 14565

Lainnya

Kirim Pertanyaan