Menunda Shalat Magrib

1 menit baca
Menunda Shalat Magrib
Menunda Shalat Magrib

Pertanyaan

Apakah orang yang menunda shalat Magrib hingga 15 menit atau 20 menit, masih dianggap melaksanakan shalat pada waktunya? Apakah hadis yang menyebutkan bahwa malaikat Jibril menjadi imam Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam di awal dan akhir waktu shalat, kemudian dia berkata, “Wahai Muhammad, shalat boleh dikerjakan di antara dua waktu ini”, apakah hadis ini sahih atau tidak?

Jawaban

Shalat Magrib sunah dikerjakan pada awal waktunya dan boleh ditunda hingga akhir waktu. Hadis yang menyatakan bahwa Jibril mengimami Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, adalah hadis sahih. Imam al-Bukhari mengatakan bahwa hadis ini adalah hadis paling sahih terkait waktu-waktu shalat.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor Salat Magrib sunah dikerjakan pada awal waktunya dan boleh ditunda hingga akhir waktu. Hadis yang menyatakan bahwa Jibril mengimami Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, adalah hadis sahih. Imam al-Bukhari mengatakan bahwa hadis ini adalah hadis paling sahih terkait waktu-waktu salat.18002

Lainnya

Kirim Pertanyaan