Menjauh Dari Saf Jamaah Karena Sensitif Dengan AC

1 menit baca
Menjauh Dari Saf Jamaah Karena Sensitif Dengan AC
Menjauh Dari Saf Jamaah Karena Sensitif Dengan AC

Pertanyaan

Saya menderita penyakit sangat sensitif pada saluran pernafasan dan terkadang tubuh saya terasa sakit. AC membuat saya terganggu. Ada sebuah masjid yang jaraknya dari rumah saya sekitar lima kilometer dan di bagian akhir atau belakang masjid itu AC tidak dinyalakan.

Apakah saya dan anak-anak saya boleh shalat di bagian belakang masjid, tempat AC-nya tidak dinyalakan, sehingga kami terpisah dari saf jemaah tetapi kami tetap mengikuti imam?

Barangkali hal itu lebih baik bagi saya daripada salat di rumah karena kondisi kesehatan saya dan demi mendapatkan keutamaan shalat berjemaah, insya Allah?

Jawaban

Jika kondisi sakit Anda demikian dan di dekat Anda tidak ada masjid yang tidak menggunakan AC yang dapat menganggu kesehatan Anda, maka Anda tidak apa-apa (boleh) shalat di tempat atau di bagian area dalam masjid yang tidak ber-AC.

Namun, harus ada orang yang shalat di samping Anda supaya salat Anda tidak masuk dalam kategori salat sendiri. Ini berdasarkan firman Allah Ta’ala,

فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ

“Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu.” (QS. At-Taghabun: 16)

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 21897

Lainnya

Kirim Pertanyaan