Keutamaan Saf Sisi Kanan

1 menit baca
Keutamaan Saf Sisi Kanan
Keutamaan Saf Sisi Kanan

Pertanyaan

Saya mendengar imam masjid berkata: Sesungguhnya hadis:

إن الله وملائكته يصلون على ميامن الصفوف

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat berselawat kepada makmum yang berada di sisi-sisi kanan saf).” adalah hadits daif (lemah) tidak dapat dijadikan dalil. Oleh karena itu saf dimulai dari pertengahan.

Jawaban

Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Dawud dengan sanad hasan dari hadis Aisyah radhiyallahu `anha. Al-Hafiz Ibnu Hajar dalam Fathul Bari (2/213) telah menghasankan sanad hadits dengan redaksi “sisi-sisi kanan saf”. Hadits tersebut menunjukkan akan keutamaan sisi kanan saf.

Dan keuatamaan sisi kanan saf juga didukung oleh hadits lain. Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Nasa’i dengan sanad yang sahih dari al-Barra bin `Azib radhiyallahu `anhu:

كنا إذا صلينا خلف النبي صلى الله عليه وسلم أحببنا أن نكون عن يمينه

“Dahulu ketika kami salat di belakang Rasulullah Shallallhu ‘Alaihi wa Sallam, kami lebih suka berada di sebelah kanan beliau.”

Dan Abu Dawud menambahkan:

فيقبل علينا بوجهه صلى الله عليه وسلم

“Kemudian beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menghadapkan wajahnya pada kita.”

Keutamaan ini masuk dalam keutamaan sisi kanan secara umum. Di dalam kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim dari Aisyah radhiyallahu `anha, ia berkata:

كان النبي صلى الله عليه وسلم يعجبه الـتيمن في تنعله وترجله وطهوره وفي شأنه كله

“Nabi Shallallhu ‘Alaihi wa Sallam suka mendahulukan bagian kanan baik dalam bersandal, bersisir, bersuci, dan setiap urusannya.”

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 18049

Lainnya

Kirim Pertanyaan