Kapan Shalat Gerhana Dimulai?

1 menit baca
Kapan Shalat Gerhana Dimulai?
Kapan Shalat Gerhana Dimulai?

Pertanyaan

Ada sebagian imam masjid tidak melaksanakan shalat gerhana kecuali jika terjadi gerhana secara total. Sebagian imam yang lain melaksanakannya ketika gerhana matahari atau bulan mulai tampak. Manakah yang benar antara kedua pendapat tersebut?

Jawaban

Kaum Muslimin diharuskan segera melaksanakan shalat gerhana, ketika melihat gerhana mulai tampak. Mereka tidak diharuskan menunggu gerhana hingga total, berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

إن الشمس والقمر آيتان من آيات الله، لا ينكسفان لموت أحد ولا لحياته، فإذا رأيتم ذلك فصلوا حتى يكشف ما بكم

“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua macam tanda dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Terjadinya gerhana matahari atau bulan itu bukanlah kerana kematian seseorang atau kehidupannya. Jika kalian melihatnya, maka dirikanlah shalat hingga selesai gerhana yang terjadi pada kalian”. (Diriwayatkan oleh Muslim).

Dan sabda beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam,

فإذا رأيتم ذلك فافزعوا إلى ذكر الله ودعائه واستغفاره

“Jika kalian melihat yang demikian itu (gerhana), maka segeralah berzikir kepada Allah, berdoa dan mintalah ampun kepada-Nya”. Muttafaqun ‘Alaih.

Hadits tersebut menunjukkan perintah menyegerakan shalat gerhana dan tidak boleh menundanya.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa al-Lajnah ad-Daimah | Link

Lainnya

Kirim Pertanyaan