Berdoa Setelah Shalat

1 menit baca
Berdoa Setelah Shalat
Berdoa Setelah Shalat

Pertanyaan

Sebagian orang berdoa kepada Allah selepas shalat sunnah dengan mengangkat kedua tangannya. Namun ada seseorang yang menegurnya, “Jangan berdoa setelah salam! Berdoalah sebelum salam!” Saya pernah melihatnya salat sunnah setelah salat Jumat.

Dalam shalat sunnah itu dia berdoa mengangkat tangannya ketika tahiyat sebelum salam. Selesai salam, dia pergi tanpa berdoa. Mohon beri saya penjelasan atas hal ini. Sebab, saya tidak pernah melihat orang lain melakukannya kecuali dia.

Jawaban

Doa setelah shalat dan selepas berdzikir diperbolehkan karena ada sebagian hadits yang menerangkan demikian. Tidak perlu mengangkat tangan saat berdoa selepas salat fardu dan diperbolehkan jika selesai salat sunnah. Tentu saja berdoa sebelum salam lebih utama daripada setelahnya.

Namun dalam berdoa sebelum salam, tidak diperbolehkan untuk mengangkat tangan karena merupakan bidah dan yang melakukannya harus ditegur. Ini berdasarkan sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,

من فعل عملا لا علاقة له بشؤوننا الدينية ، فهذا الفعل مرفوض

“Siapa yang melakukan suatu perbuatan tidak berdasarkan urusan agama kami, maka perbuatan tersebut tertolak.”

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 18762

Lainnya

Kirim Pertanyaan